Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Buka 3 Penerbangan Perintis di Sulsel

Maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia berencana membuka rute penerbangan dengan menyasar destinasi yang memiliki bandara perintis di Sulawesi Selatan.
Pesawat Garuda Indonesia tinggal landas./JIBI-Paulus Tandi Bone
Pesawat Garuda Indonesia tinggal landas./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Maskapai penerbangan plat merah, Garuda Indonesia berencana membuka rute penerbangan dengan menyasar destinasi yang memiliki bandara perintis di Sulawesi Selatan.

Sentot Mujiono, VP Region Kalimantan, Sulawesi & Papua-‎Garuda Indonesia, mengemukakan destinasi yang tengah dijajaki perseroan tersebut meliputi Tana Toraja, Selayar dan Palopo yang dinilai potensial karena memiliki daya tarik dari sisis pariwisata.

"Kami saat ini tengah memantau pertumbuhan penumpang di tiga destinasi ini, namun memang trennya cukup baik, sangat potensial," katanya, Kamis (2/3/2017).

Jika terealisasi, lanjut Sentot, pelayanan penerbangan ke bandara perintis pada tiga destinasi tersebut akan menggunakan pesawat baling-baling jenis ATR72-600.

Menurutnya, seluruh destinasi tersebut selain memiliki potensi menarik kunjungan wisatawan juga ditopang oleh pertumbuhan ekonomi yang cukup agresif sehingga berpengaruh pada mobilitas masyrarakat dan membutuhkan moda transportasi yang cepat.

Terlebih, kondisi geografis tiga destinasi tersebut yang berada di daratan tinggi maupu kepulauan sehingga akses melalui darat dari Makassar membutuhkan waktu yang cukup lama jika ditempuh melalui jalur darat.

"Perencanaan sudah kami siapkan, untuk jadwal penerbangan memungkinkan dilayani tiga kali dalam sepekan. Tetapi itu tentu masih bisa berubah dengan melihat tren pasar penumpang udara untuk Toraja, Palopo dan Selayar," paparnya.

Adapun untuk skala regional, urai Sentot, ekspansi layanan penerbangan perintis juga akan dilakukan pada sejumlah destinasi di Sulawesi, Papua dan Kalimantan.

Di sisi lain, perseroan juga memacu tingkat keterisian pesawat atau load factor di hub Makassar melalui penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair 2017 yang dijadwalkan berlangsung pada 10-12 Maret mendatang.

Pada even tersebut, perseroan membidik angka transaski penjualan tiket sebesar Rp20 miliar untuk seluruh rute yang dilayani baik domestik maupun internasional dengan titik keberangkatan melalui Makassar.

"Namun memang, untuk GATF ini lebih cenderung menyasar masyarakat yang memiliki perencaaan liburan ke destinasi-destinasi layanan Garuda. Tetapi ini signifikan dalam mendongkrak tingkat keterisian, untuk GATF di Makassar sendiri kami targetkan ada 20.000 pengunjung," paparnya.

Manager Sales & Service Garuda Indonesia Makassar, Agung Gunawan menambahkan tema "more for less" yang diangkat pada GATF 2017 Makasar, yang dimaksudkan memberikan kemudahan dalam merencanakan perjalanan liburan ke puluhan destinasi.

Dia menjelaskan, pihaknya menggandeng Bank Mega dan 13 travel agen yang ikut berpartisipasi. "Selama pameran, ada cash back, coucher hingga Rp 100 juta dan promo paket wisata murah," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper