Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Aktifkan 3 Lokasi Baru VTS Pelayaran

Kementerian Perhubungan akan meningkatkan keamanan lalu lintas pelayaran di Indonesia dengan mengoptimalkan penggunaan Vessel Traffic System (VTS).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, DENPASAR-Kementerian Perhubungan akan meningkatkan keamanan lalu lintas pelayaran di Indonesia dengan mengoptimalkan penggunaan Vessel Traffic System (VTS).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut I Nyoman Sukayadnya mengatakan, Kemenhub baru saja meresmikan stasiun VTS baru di tiga lokasi.

"Kami sudah resmikan 3 VTS. Di Belawan, Palembang dan Surabaya," katanya di Denpasar, Senin (20/2/2017).

VTS akan berfungsi sebagai bantuan bagi kapal-kapal yang berlayar melalui lokasi tersebut. Tiga lokasi tersebut dipilih termasuk dalam jalur sibuk dan frekuensi lalu lintas kapal yang tinggi.

Sebagai informasi, VTS adalah shore based system yang berfungsi membantu memberikan informasi dan pesan untuk kapal-kapal, seperti posisi kapal-kapal lain yang melewati lalu lintas atau pesan peringatan mengenai bahaya navigasi dan meteorologi, serta untuk mengatur lalu lintas kapal yang luas dalam suatu pelabuhan atau perairan tertentu.

Penggunaan VTS secara international diatur berdasarkan rekomendasi SOLAS Chapter V Reg. 12 dan IMO Resolution A.857(20) tentang Vessel Traffic Service yang diadopsi pada tahun 1997.

Hingga saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah memiliki 21 stasiun VTS yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di Belawan, Batam, Teluk Bayur, Palembang, Jakarta, Merak, Panjang, Semarang, Surabaya, Benoa, Lembar, Pontianak, Banjarmasin, Batu Licin, Samarinda, Balikpapan, Makassar, Bitung, Sorong, Dumai dan Bintuni.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper