Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Libur Pilkada, Pelayanan Publik Transportasi Laut Tetap Normal

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenhub memastikan bahwa pelayanan publik di sektor transportasi laut khususnya di bidang kepelabuhanan pada hari libur Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), Rabu (15/2) tetap normal dan berjalan seperti biasa.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 14 Februari 2017  |  18:31 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenhub memastikan bahwa pelayanan publik di sektor transportasi laut khususnya di bidang kepelabuhanan pada hari libur Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA), Rabu (15/2) tetap normal dan berjalan seperti biasa.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Ir. A. Tonny Budiono, MM menjamin tidak ada penghentian layanan publik meskipun para petugas melaksanakan hak pilihnya di wilayah masing-masing setelah sebelumnya Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden No.3/2017 yang menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional.

"Selaku Direktur Jenderal Perhubungan Laut, saya akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hari libur itu dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan sesuai aturan yang berlaku," ujar Tonny, Selasa (14/2/2017).

Pihaknya mendorong jajarannya untuk menggunakan hak suara dalam memilih pimpinan daerahnya sebagai bentuk dukungan perwujudan demokrasi di Indonesia.

Namun demikian, ia juga mengingatkan jajarannya agar pelayanan publik di sektor transportasi laut tetap harus berjalan.

Hal tersebut, tentunya sejalan dengan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) No. B/9/M.KT.02/2017 pada 10 Februari 2017.

SE tersebut menyebutkan bahwa setiap pimpinan unit atau satuan kerja agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur Pilkada 2017 sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Dia juga memastikan bahwa pelayanan publik di 4 (empat) Pelabuhan Utama yaitu Belawan Medan, Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Makassar tetap berjalan, serta pelabuhan lainnya.

Tonny juga mengingatkan agar para jajarannya dan petugas di lapangan harus dapat menjadi teladan dalam menjaga dan mempertahankan suasana kondusif dengan memberikan pelayanan publik sebagaimana mestinya.

"Saya himbau pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk berpartisipasi aktif menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

Selanjutnya, dirinya meminta agar para pegawai yang bekerja di posisi pelayanan publik khususnya di Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dapat kembali bekerja setelah menuntaskan hak pilihnya, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan publik.

Dari sisi keselamatan pelayaran, Dirjen Tonny juga menyebutkan bahwa pelayanan atas pelaksanaan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan. “Selain pelayanan publik di bidang kepelabuhanan yang tetap normal, pada hari libur Pilkada 2017 pelayanan keselamatan pelayaran juga tetap berjalan normal khususnya di pelayanan Vessel Traffic Services (VTS),” ujar Tonny.

Selain itu, Tonny juga menegaskan bahwa patroli rutin oleh Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) juga berjalan normal sebagaimana mestinya.

“Kalau yang namanya patroli rutin tentu saja tidak kenal hari libur karena tugas kami memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran di perairan Indonesia harus terus dilakukan tanpa terkecuali meskipun ada hari libur Pilkada," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi juga mengingatkan agar libur Pilkada pada 15 Februari 2017 tidak mengurangi kualitas pemberian pelayanan publik untuk sektor transportasi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi laut
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top