Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah AS Dukung Penegakan Hukum Lingkungan dan Kehutanan

Pemerintah AS melalui kedutaan besar AS untuk Indonesia suap mendukung kebijakan bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang dijalankan pemerintah

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS untuk Indonesia siap mendukung kebijakan bidang lingkungan hidup dan kehutanan yang dijalankan pemerintah.

“Pemerintah AS akan mendukung kegiatan LHK antara lain dalam bentuk tata guna lahan, pemberdayaan masyarakat, penegakan hukum, dan perlindungan pantai serta pesisir,” kata Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. melalui keterangan tertulis, Minggu (5/2/2017).

Dalam pertemuannya dengan Donovan di Jakarta, Jumat (3/2/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebutkan progam prioritas Kementerian LHK a.l. pembatasan penggunaan kawasan hutan, pendisiplinan para pemegang konsesi, hingga pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

“KLHK juga akan memperhatikan masyarakat hukum adat dan kearifan lokal yang ada di masyarakat, penegakan hukum terkait perdagangan dan peredaran tumbuhan-satwa liar, serta meningkatkan kunjungan wisata ke taman nasional dan taman wisata,” ujarnya.

Selain itu, Siti menyampaikan dirinya telah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyiapkan lahan pembangunan infrastruktur. Menurutnya, pembangunan underpass dan flyover yang melewati kawasan hutan akan dikembangkan dengan teknologi ramah lingkungan.

KLHK, tambah politikus Partai Nasdem ini, juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar hutan melalui skema agroforestri. Tanpa merusak hutan, masyarakat dapat memanfaatkan hasil hutan bukan kayu seperti madu, getah, buah, hingga pengembangan ekowisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper