Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirut & Wadirut Pertamina Dicopot: Begini Reaksi Wapres JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pergantian Direktur Utama dan Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) dilakukan agar BUMN tersebut lebih fokus dan professional dalam operasi bisnisnya.
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Antara-Sigid Kurniawan
Wakil Presiden Jusuf Kalla./Antara-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan pergantian Direktur Utama dan Wakil Direktur PT Pertamina (Persero) dilakukan agar BUMN tersebut lebih fokus dan professional dalam operasi bisnisnya.

Pagi tadi, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina memutuskan untuk mengganti Direktur Utama Dwi Soetjipto dan Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang karena alasan harmonisasi. Dalam RUPS itu, posisi wadirut juga diputuskan untuk ditiadakan.

“Dirut dan wadirut hari ini diganti. Ini untuk sekali lagi agar pertamina fokus dan memiliki profesionalisme yang baik,” katanya, di Kantor Wakil Presiden, Jumat (3/2/2017).

Saat ini, telah ditunjuk pelaksana tugas (Plt) Yenni Andayani yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan (EBT) Pertamina.

Wapres berharap dalam satu bulan kedepan, pengganti definitif Dwi Soetjipto merupakan sosok yang memiliki profesionalisme dan kepemimpinan yang kuat guna menghadapi berbagai tantangan operasional perusahaan pelat merah itu.

“Dan dalam sebulan baru akan dipilih dirut definitif. Tentu harapannya kita bisa mengangkat orang yang memiliki profesionalisme dan leadership yg kuat juga untuk memperkuat Pertamina,” jelasnya.

Kalla tidak spesifik mengharapkan pengganti Dwi harus berasal dari profesional di bidang migas. Seperti diketahui, Dwi Soetjipto sebelumnya merupakan sosok yang malang melintang di industri semen, dengan pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia sebelum akhirnya didapuk menjadi pimpinan BUMN sektor migas tersebut.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper