Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAKAN TERNAK: Menperin Minta Pengusaha Siapkan Perencanaan

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta perusahaan pakan ternak menyiapkan rencana dan roadmap pembangunan infrastruktur pascapanen untuk memudahkan pabrikan dalam mempersiapkan komponen.
Pakan ternak./.Ilustrasi
Pakan ternak./.Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta perusahaan pakan ternak menyiapkan rencana dan roadmap pembangunan infrastruktur pascapanen untuk memudahkan pabrikan dalam mempersiapkan komponen.

Airlangga menyampaikan beberapa sarana pascapanen yang akan dibangun oleh industri pakan ternak yaitu gudang penyimpanan (silo/storage) jagung dan mesin pengering. Sarana ini diperlukan untuk menyimpan bahan baku yang telah diserap dari petani.

"Arahan dari Pak Menteri Desa [Mendes Eko Putro Sandjojo] tadi, kami minta disampaikan perencanaan jangka menengahnya. Fasilitas pemerintah sekarang tentu tidak ada halangan atau hambatan untuk dibuat di dalam negeri atau diimpor," jelas Airlangga di Jakarta, Jumat (3/1/2017).

Menteri Desa , Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo menyampaikan infrastruktur pascapanen dibutuhkan untuk memfasilitasi desa-desa dalam mengembangkan komoditas pertanian.

Saat ini, Kemendes dan Kementerian Pertanian tengah mengembangkan program one village one product sehingga setiap desa memiliki komoditas unggulannya masing-masing. Kemendes bercita-cita menciptakan desa yang mempraktikkan pola bisnis komoditas mulai dari hulu hingga hilir.

"Kemendes dan Kementan punya program one village one product, makanya kita perlu siapkan sarana pascapanennya. Salah satu persoalan harga saat ini karena sarana pascapanennya masih belum cukup," jelas Eko.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper