Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Bandara Ahmad Yani Diharapkan Tepat Waktu

Kementerian Perhubungan meminta pemangku proyek pengembangan bandar udara internasional Ahmad Yani di Semarang fokus pada penyelesaian sehingga bisa beroperasi sesuai target pada 2018.

Bisnis.com, SEMARANG – Kementerian Perhubungan meminta pemangku proyek pengembangan bandar udara internasional Ahmad Yani di Semarang fokus pada penyelesaian sehingga bisa beroperasi sesuai target pada 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan semua pihak berkepentingan yang terlibat dalam pembangunan proyek pengembangan Bandara Ahmad Yani tetap melakukan koordinasi khususnya pihak Angkasa Pura I dengan TNI AD selalu pemilik lahan.

Pengembangan Bandara Ahmad Yani terbagi dalam empat paket dengan rincian paket II telah selesai meliputi pengerjaan apron dan taxiway, sedangkan pengerjaan paket I meliputi pembuatan jalan akses dan perbaikan lahan justru masih berlangsung.

Sementara itu, paket III meliputi pembangunan terminal dan paket IV pembangunan kantor dan gedung operasional pengerjaannya ditarget mulai pada Maret 2017 untuk proyeksi operasional pada Oktober 2018.

“Untuk pengembangan bandara Ahmad Yani, secara konstruksi sudah presisi waktunya juga presisi, tapi jangan dilupakan perlunya kolaborasi dengan TNI AD karena banyak menggunakan lahan TNI AD,” kata Menhub di Semarang, Kamis (12/1/2017).

PT Angkasa Pura I sebelumnya memproyeksikan proses lelang pengerjaan pembangunan terminal Bandara Ahmad Yani Semarang senilaiRp989,9 miliar akan rampung pada Februari 2017 sehingga bisa selesai sesuai waktu yang ditargetkan.

Mengingat jadwal pengerjaan proyek lanjutan segera berlangsung pada bulan depan, Menhub mengingatkan semua pihak dalam pembangunan proyek pengembangan tak melalukan penyelewengan wewenang, sehingga tidak menghambat kinerja yang telah disusun.

"Saya menilai proyek pembangunan bandara sudah bagus. Tapi harus saya ingatkan, jangan ‘melirik-lirik’ pembangunan proyek. Kalau mau main-main, sebaiknya tidak usah terlibat proyek,” tegasnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Priyo Jatmiko mengatakan pengerjaan paket I yang belum selesai akan masih terus berlangsung mengingat rencana pembebasan lahan sebagian besar sudah bisa diselesaikan.

"Tanah milik Pemkot Semarang sudah ada yang dibebaskan, jadi akses menuju bandara sudah bisa dibangun, sebelumnya memang ada kendala pembebasan," ungkapnya.

Pengembangan bandara Ahmad Yani berada di area rawa-rawa, sehingga perlu penanganan khusus untuk memperkuat lapisan tanah sebelum konstruksi. Secara teknis, pengerjaan diatasi dengan memperkuat lahan menggunakan metode preverigated vertical drain (PVD).

Proyek yang dikerjakan nantinya akan meningkatkan kapasitas dan fasilitas kebandaraan seperti tempat parkir pesawat sebelumnya 29.032 meter persegi menjadi 72.500 meter persegi, jalur penghubung landas pacu, pembangunan terminal untuk menampung 6 juta penumpang, juga sejumlah gedung operasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper