Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini yang Dilakukan Jasa Marga Perbaiki Jembatan Cisomang

Perbaikan Jembatan Cisomang yang terletak di kilometer 100+700 di ruas Tol Purbaleunyi baru mencapai 10%.

Bisnis.com, JAKARTA - Perbaikan Jembatan Cisomang yang terletak di kilometer 100+700 di ruas Tol Purbaleunyi baru mencapai 10%.

Vice President Maintenance PT Jasa Marga (Persero) Tbk Reza Febriano mengatakan saat ini Jasa Marga tengah melakukan pekerjaan grouting pada tiang penyangga jembatan di pilar A1, PO, P1, Pw dan P5.

Kemudian sedang dilakukan persiapan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2.

Lalu, pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam serta penggalian tanah dilakukan di sekitar pilecap P2 dan P3.

Pekerjaan unloading (cutter lereng) tengah dilakukan di sekitar abutment A1-pilar P1.

"Kami lakukan pekerjaan ground anchor pada P0 dan persiapan platform kerja untuk pekerjaan belt boredpile dan jacketing column P0 untuk penguatan konstruksi," ujarnya, Kamis (12/1/2017).

Monitoring terhadap posisi pilar juga dilakukan dengan menggunakan metode verticality dan arah xyz dengan model 3D yang menggunakan alat ukur otomatis Robotic Total Station.

"Pengukuran ini secara berkala, 24 jam, dimana kalau ada pergerakan yang cukup signikan dia akan memberikan sinyal atau tanda yang abnormal," kata Reza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper