Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pupuk Indonesia Pacu Kapasitas NPK Jadi 4 Juta Ton

PT Pupuk Indonesia menargetkan peningkatan kapasitas pupuk NPK menjadi 4 juta ton atau naik hampir dua kali lipat pada 2018.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 Januari 2017  |  00:40 WIB
Pupuk Indonesia Pacu Kapasitas NPK Jadi 4 Juta Ton
PT Pupuk Indonesia - Antara/Rosa Panggabean
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – PT Pupuk Indonesia menargetkan peningkatan kapasitas pupuk NPK menjadi 4 juta ton atau naik hampir dua kali lipat pada 2018.

Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia Indarto Pamoengkas mengatakan saat ini kapasitas pabrik pupuk NPK PT Pupuk Indonesia beserta anak usahanya mencapai 2,7 juta ton yang diproduksi oleh Pupuk Kujang, Petrokimia Gresik, dan Pupuk Kaltim.

“NPK di Kujang, Petrokimia Gresik, dan di Pupuk Kaltim total 2,7 juta ton. Harapan kami nanti bisa ditingkatkan jadi 4 juta ton pada 2018. Untuk nilai investasinya kami belum mengerucut pada satu angka,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (9/1/2017).

Seperti diketahui, industri pupuk dalam negeri di pasar global sudah mengalami kelebihan pasokan, khususnya untuk suplai pupuk urea, maka perusahaan akan mulai serius menggarap pasar pupuk majemuk atau pupuk NPK. 

Adapun untuk urea, perusahaan akan mempertahankan kebutuhan dalam negeri dengan kerja sama operasi (KSO) sekitar 9,5 juta ton.

Hal tersebut perlu dilakukan karena harga pupuk urea lebih murah dibanding negara seperti China dan Malaysia yang diakibatkan harga gas yang tidak kompetitif.

Saat ini perusahaan masih melakukan kelayakan studi untuk memutuskan pemilihan metode yang digunakan dalan membangun pabrik NPK.

“Ada beberapa cara untuk membangun pabrik NPK. Bisa blending ata chemical. Memang yang paling murah blending. Tinggal Pospor ditambah Kalium, tapi kadang dari sisi kualitas tentu masih kalah dengan chemical dan itu semua menggunakan mesin jadi presisi lebih bagus,”terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pupuk Indonesia npk
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top