Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Kebahagiaan Pegawai Indonesia Tertinggi Kedua di Asean

Seringkali kita berjumpa dengan seorang pegawai muda yang gemar mengeluh soal tempat kerjanya. Apa saja dia keluhkan; atasan yang menekan, teman kerja yang suka cari muka, gaji yang kecil, jam kerja yang berlebihan, dan masih banyak lagi alasan lain.

Bisnis.com, JAKARTA-Seringkali kita berjumpa dengan seorang pegawai muda yang gemar mengeluh soal tempat kerjanya. Apa saja dia keluhkan; atasan yang menekan, teman kerja yang suka cari muka, gaji yang kecil, jam kerja yang berlebihan, dan masih banyak lagi alasan lain.

Namun, seberapapun orang Indonesia suka sekali ‘mencemooh’ tempat bekerjanya, sebenarnya mereka termasuk ke dalam jajaran orang yang paling bahagia dengan mata pencahariannya dibandingkan dengan banyak pekerja dari negara Asia lain.

Sebuah survei yang dilakukan oleh JobStreet dan JobsDB pada 2016 mengungkapkan bahwa rata-rata lulusan baru (fresh graduates) Indonesia sudah bahagia dengan pekerjaannya saat ini. Bahkan, posisi Indonesia adalah yang tertinggi kedua di Asean setelah Filipina.

Survei itu dilakukan terhadap 50.686 pekerja fresh graduate yang berasal dari Filipina, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Mereka dimina untuk mengukur kebahagiaan mereka atas pekerjaan saat ini dari skala 0 sampai dengan 10.

Hasilnya, Indeks kebahagiaan pekerja Indonesia adalah 6,2 alias hanya 0,1 poin di bawah Filipina. Kebahagiaan pekerja Indonesia masih lebih baik ketimbang Thailand (5,7), Hong Kong (5,6), Malaysia (5,5), Singapura (5,4), dan Vietnam (4,9).

Ada banyak hal yang membuat pekerjarookie di Indonesia merasa bahagia dengan profesinya. Namun, tiga alasan yang paling utama adalah lokasi kerja, rekan kerja, serta reputasi perusahaannya.

“Lokasi kerja menjadi penentu kunci kebahagiaan pekerja fresh graduate. Lokasi seringkali menjadi pertimbangan apakah mereka akan mengambil pekerjaan itu atau tidak. Lokasi kerja yang dekat dengan sarana transportasi umum cenderung lebih disukai,” jelas Campus and Institutional Event Executive JobStreet Indonesia, Satya Sultanudin.

Selain itu, rekan kerja juga menjadi penentu tingkat kebahagiaan seorang pekerja muda. Tempat kerja dengan kolega yang kooperatif dan saling mendukung akan mendorong motivasi pekerja muda untuk bertahan lebih lama di sebuah perusahaan.

Namun, tidak sedikit pula pekerja fresh graduate di Indonesia yang kurang puas dengan kultur kepemimpinan, ketidakjelasan peningkatan karier, serta ketiadaan pelatihan di perusahaan tempat mereka bekerja.

Di satu sisi, gambaran tentang tingkat kebahagiaan para pekerja muda di Indonesia itu merefleksikan sebuah permasalahan terselubung. Menurut Satya, kolega yang suportif memang menjadi faktor positif di dunia kerja Indonesia.

“Namun, jujur saya khawatir saat menemukan adanya masalah ‘kepemimpinan’ dan ‘peningkatan karier’. Bagaimana bisa kita memajukan negara tanpa pemimpin yang menginspirasi dan jalur yang jelas untuk perkembangan personal?” ujarnya.

Berdasarkan survei tersebut, hal-hal lain yang diinginkan oleh para pekerjafresh graduate di Indonesia adalah gaji yang lebih tinggi, keinginan untukresign dan mencoba peluang baru, dan tanggung jawab baru.

Bagi Anda yang tergolong masih fresh graduate atau berpengalaman kurang dari 5 tahun di dunia kerja, ada baiknya lebih fokus pada pengembangan kemampuan diri sendiri sebagai bekal untuk mendapatkan peluang karier yang lebih cemerlang di masa depan.

Menurut Satya, di dunia kerja internasional saat ini kemampuan yang harus dimiliki oleh pekerja muda a.l. kemampuan teknis yang mencakup daya analisis, akuntansi, dan ilmu komputer; serta soft skill yang mencakup kemampuan sosial/interpersonal, membangun jejaring, dan kecepatan belajar.

“Menurut penelitian ada 3 hal yang dibutuhkan untuk menggapai jenjang karier yang lebih tinggi bagi para pekerja muda. Pertama, tingkatkan kemampuan diri. Kedua, pertahankan performa yang sudah baik. Ketiga, perkaya pengalaman,” tuturnya.

Selain itu, kembangkanlah sikap terbuka pada hal-hal baru, berani menerima tantangan dan tanggung jawab baru, terbuka terhadap masukan membangun, dan yang terpenting jalani profesi dengan passion yang tinggi.

Indeks Kebahagiaan Pekerja Pemula di Beberapa Negara Asia*:

----------------------------------------------------------------------------------------

Negara:                      Saat ini:                      Dalam 6 bulan ke depan:

----------------------------------------------------------------------------------------

Hong Kong                 5,4                               5,1

Indonesia                    6,0                               6,8

Malaysia                      5,5                               5,9

Filipina                        6,5                               6,6

Singapura                    5,4                               5,3

Thailand                      5,9                               6,2

Vietnam                      4,9                               6,5

----------------------------------------------------------------------------------------

*) Ket: Skala dari 1—10; 5 adalah netral dan 10 sangat bahagia.

Sumber: Survei Job Happiness Index 2016, diolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper