Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilot Diduga Mabuk: Ini Klarifikasi Citilink

Manajemen Citilink Indonesia memberikan klarifikasi perihal keterlambatan pesawat QG 800 rute Surabaya-Jakarta pada hari ini, 28 Desember 2016, yang semula dijadwalkan 05.15 WIB menjadi 06.20 WIB, delay selama 65 menit.
Citilink/Ilustrasi
Citilink/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Manajemen Citilink Indonesia memberikan klarifikasi perihal keterlambatan pesawat QG 800 rute Surabaya-Jakarta pada hari ini, 28 Desember 2016, yang semula dijadwalkan 05.15 WIB menjadi 06.20 WIB, delay selama 65 menit.

“Benar terjadi delay QG 800 Citilink Indonesia rute Surabaya-Jakarta pada 28 Desember 2016 selama 65 menit yang dijadwalkan berangkat 05.15 diundur menjadi pukul 06.20. Kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan dan ketidaknyamanan yang dialami oleh seluruh penumpang penerbangan Citilink Indonesia QG 800," kata Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny S. Butarbutar,  Rabu (28/12).

Dia menegaskan mengenai dugaan yang muncul bahwa pilot berada dalam kondisi mabuk saat bertugas belum terbukti benar, karena pilot yang bersangkutan telah dibawa ke klinik kesehatan bandara untuk melakukan tes urin dan tes fisik awal dan hasilnya dinyatakan negatif.

Selain itu, manajemen Citilink akan memanggil pilot yang bersangkutan untuk menjalankan pemeriksaan medis lengkap di Balai Kesehatan Penerbangan di Jakarta.

Mengenai dugaan pilot yang berbicara tidak jelas saat melakukan welcome announcement, menurut Benny dikarenakan pilot menyadari tindakannya yang tidak profesional karena datang agak terlambat.

Melihat kondisi ini, dan untuk menjaga agar tidak terjadi delay panjang dalam peak season ini, maka Citilink memutuskan untuk mengganti pilot tersebut dan melanjutkan penerbangan QG800 dari Surabaya menuju Jakarta.

"Manajemen juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penumpang atas perhatiannya kepada penerbangan Citlink Indonesia. Citilink juga akan menyusuri lebih lanjut mengenai dugaan insiden ini, termasuk track record dan rekam medis pilot yang bersangkutan," ujarnya.

Penerbangan kembali dijalankan pada pukul 06.20 WIB dan seluruh penumpang QG 800 yang berjumlah 154 orang beserta seluruh kru yang bertugas saat ini telah mendarat dengan selamat di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper