Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JNE Mulai Bidik Pasar Indonesia Timur

PT Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE ingin membentuk pasar bisnis jasa kurir di Indonesia bagian Timur.
Kantor JNE/Istimewa
Kantor JNE/Istimewa

Bisnis.com, NUSA LEMBONGAN – PT Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE ingin membentuk pasar bisnis jasa kurir di Indonesia bagian Timur.

Komisaris PT JNE, Johari Zein mengatakan Indonesia saat ini memasuki era pasar e-commerce yang sangat besar. Peluang itu saat ini terpusat di Indonesia bagian Barat, namun dia meramalkan di masa yang akan datang pasar e-commerce juga akan berkembang di Indonesia bagian Timur.

“Itu arah e-commerce yang akan datang, orang-orang Indonesia Timur juga bisa membuat e-commerce mereka sendiri, dan kita [JNE] ingin mencoba menjembatani peluang itu,” ungkap Johari saat acara makan malam di Nusa Lembongan, Bali, Rabu (21/12).

Dia menceritakan, bahwa bisnis jasa kurir saat ini memiliki peluang berkembang dengan sangat baik berkat kehadiran e-commerce. Jasa kurir menjadi jembatan yang diandalkan dalam rantai bisnis e-commerce.

“Jadi kita banyak terbantu oleh e-commerce corporate, padahal, e-commerce di Indonesia bukan hanya yang sifatnya korporasi, tetapi juga banyak yang sifatnya bisnis individu atau UKM,” terangnya.

Sebagai informasi, JNE merencanakan untuk mengambil pasar jasa kurir di Indonesia bagian Timur dengan membuka beberapa kantor cabang. Bisnis mencatat sepanjang 2016, JNE banyak melakukan perluasan bisnis ke daerah Sumatera dan Jawa. 

Ada investasi Rp400 miliar yang dialokasikan JNE untuk perluasan ruang lingkup bisnis di Cikarang, Karawang dan Purwakarta. Ke depannya untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha e-commerce, JNE juga akan bekerjasama dengan partner e-commerce untuk memasarkan produk kepada konsumen.

Adapun jumlah armada trucking yang direncanakan sekitar 15 unit dengan berbagai ukuran. Area beroperasinya truk JNE hanya di sekitar yakni  Jawa dan Sumatera. Jumlah gudang besar yang dimiliki ada 10 unit, sementara total gudang operasional JNE ada 58 unit.

Selain itu JNE juga membuka Gateway di Wangon, Jawa Tengah pada April 2016 lalu. Pengembangan infrastruktur juga dilakukan di Regional Sumatera. Pada Senin, 18 April 2016 Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi telah meresmikan beroperasinya Gedung Operasional JNE Medan serta juga Kantor Perwakilan baru JNE di Batam, Kepulauan Riau.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper