Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bekraf Bangun Jaringan ke Australia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memperluas jaringannya ke Australia dengan menggandeng Adelaide Festival Centre Trust. Kedua institusi menandatangai perjanjian kerjasama hari ini (15/12), di Jakarta.
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis
Logo Badan Ekonomi Kreatif. / Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memperluas jaringannya ke Australia dengan menggandeng Adelaide Festival Centre Trust. Kedua institusi menandatangai perjanjian kerjasama hari ini (15/12), di Jakarta.

Adelaide Festival Centre Trust adalah penyelenggaran OzAsia, sebuah festival kesenian internasional pertama di Australia yang fokus terhadap seni kontemporer Asia. OzAsia menyajikan program tahunan yang menampilkan teater, tari, musik, film, dan visual art dari Asia.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh wakil kedua belah pihak, yaitu Deputi IV Bidang Pemasaran Josua Puji Mulia Simanjuntak dari Bekraf dan Michael Abbott Pimpinan Festival The OzAsia, mewakili Adelaide Festival Centre Trust.

Di sela-sela acara penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut, Kepala Bekraf Triawan Munaf antara lain mengatakan melalui kerjasama ini diharapkan seniman Indonesia dan hasil karya seniman Indonesia dapat dikenal dan bersaing di tingkat internasional, yaitu OzAsia Festival.

“Penandatanganan perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kolaborasi antara Bekraf dan Adelaide Festival Centre Trust sebagai penyelenggara OzAsia Festival," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/12/2016).

Diharapkan juga agar OzAsia dapat menjadi wujud partisipasi seniman Indonesia dalam memperlihatkan karya seni mereka dan terjalinnya kerjasama seniman Indonesia dan seniman Australia. “Ratusan seniman tampil pada OzAsia 2016. Sehingga, event bergengsi ini menjadi ajang yang tepat untuk mempromosikan dan memasarkan karya seniman Indonesia,” kata Josua.

Kedua belah pihak akan bekerja sama memfasilitasi seniman Indonesia untuk berpartisipasi aktif di Oz Asia. Demikian pula OzAsia akan melaporkan kepada Bekraf perihal jumlah penonton, penjualan tiket, jaringan industri, dan publikasi. Perjanjian kerjasama ini berlaku dua tahun ke depan atau sampai dengan tanggal 15 Desember 2018.

Deputi VI Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah menambahkan bahwa perjanjian kerjasama ini dapat meningkatkan hubungan baik Indonesia dan Australia. Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi seniman Indonesia yang akan tampil di OzAsia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper