Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TM Blok B Tanah Abang, Tiga Momen Ini Dongkrak Penjualan Pedagang

Pembelian baju muslim dan batik meningkat dalam sepekan terakhir di Trade Mall (TM) Blok B Tanaha Abang.
Pasar Tanah Abang dipadati pengunjung. /Bisnis.com
Pasar Tanah Abang dipadati pengunjung. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pembelian baju muslim dan batik meningkat dalam sepekan terakhir di Trade Mall (TM) Blok B Tanaha Abang.

Animo masyarakat untuk berbelanja itu berkaitan dengan tiga momentum yang terjadi belakangan ini, yaitu aksi damai 212, Pilkada, dan peringatan Maulid Nabi. Aksi damai 212 yang mengajak peserta untuk menggunakan atribut baju koko putih, turut menjadi salah satu pendongkraknya.

Selain itu kunjungan berbagai calon gubernur untuk berbelanja di Blok B Tanah Abang, semakin menunjukan lokasi perdagangan busana muslim ataupun batik memang tempatnya di TM Blok B Tanah Abang.

“Momentum peringatan Maulid Nabi tanggal 12 Desember, kami harapkan juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke TM Blok B Tanah Abang. Biasanya untuk akhir pekan jumlah pengunjung mencapai 200.000 per hari” ujar Ho Mely Suryani, AVP Marketing Trade Mall Agung Podomoro.

Pusat grosir terbesar di Asia Tenggara mempunyai unggulan produknya terutama batik dan busana muslim, menempati hampir 5.000 kios yang aktif. Untuk busana muslim selain baju Koko, juga lengkap dengan peci, sarung, sajadah, dan perlengkapan haji serta umrah.

Menjelang momen aksi demo damai pekan lalu, dampaknya juga dirasakan pedagang baju koko atau gamis pria di Blok B Tanah Abang.

Salah satunya adalah Riko (30) yang mempunyai toko Dafa Dan toko Fajar di TM Blok B Tanah Abang, selain itu dia juga mempunyai toko di Blok A Tanah Abang.

Riko mengungkapkan di hari biasa umumnya dia beromzet bersih sekitar 500.000 per hari. Namun, menjelang momentum tertentu, seperti aksi damai kemarin dia bisa meraup untung dua kali lipat dari biasanya.

Dia membardol daganganya untuk harga satuan baju koko polos lengan pendek dijual 100.000 per item, sedangkan untuk  baju jubah koko panjang 180.000. Namun karena kebanyakan orang membeli dalam bentuk kodian, dia jual hanya Rp1,6 juta  per kodi untuk koko panjang dan Rp1,4 juta untuk koko pendek per kodi.

Riko dan kakaknya mengelola sekitar 17 toko di Pusat Grosir Tanah Abang. "Saya buka usaha ini bersama keluarga dengan skema bagi hasil. Sudah tiga tahun terakhir ini Alhamdulillah di Blok B ini kami maju pesat” ujar Riko.

Faktor penunjang kesuksesan usahanya, selain karena jumlah pengunjung yang banyak, juga fasilitas penunjang yang dimiliki gedung lengkap dan nyaman untuk pengunjung dan penjual. Faktor keamanan yang terjaga juga membuatnya fokus untuk melayani pembeli.

Lokasi TM Blok B Tanah Abang sangat strategis dan mudah dijangkau, yaitu berada di tengah grosir Tanah Abang. Untuk mencapai TM Blok B Tanah Abang juga sangat gampang, karena terhubung dengan jembatan penyebrangan. Agung Podomoro selaku pengelola Blok B Tanah Abang telah melengkapi 10 lantai, dengan tambahan 7 lantai lainnya untuk lahan parkir, serta di lantai 12 terdapat masjid besar untuk pengunjung beribadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper