Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEKOLAH KEJURUAN: Menhub Targetkan 500.000 Pelaut per Tahun

Kemenhub akan melakukan pengembangan pendidikan vokasi dengan target menyerap hingga 500 ribu pelaut dalam setahun guna memenuhi kekurangan SDM Pelaut di Indonesia.
Pelaut Indonesia/Ilustrasi-velasco indonesia
Pelaut Indonesia/Ilustrasi-velasco indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenhub akan melakukan pengembangan pendidikan vokasi dengan target menyerap hingga 500.000 pelaut dalam setahun guna memenuhi kekurangan SDM Pelaut di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengembangan pendidikan vokasi khususnya di bidang kelautan dapat menjadi solusi untuk memacu pertumbuhan sektor maritim di Indonesia.

Menurutnya, lapangan kerja untuk profesi pelaut di Indonesia masih sangat sedikit, sementara di luar negeri, profesi pelaut sangat banyak dibutuhkan. 

“Jika itu dapat diisi, selain menambah lapangan pekerjaan juga dapat menghasilkan devisa yang besar bagi negara,” ujar Menhub pada acara Konferensi Internasional Pendidikan dan Pelatihan Maritim ke-1 dan peresmian Dynamic Position Training Center Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Kamis (17/11/2016).

Menurutnya, masih banyak angkatan kerja usia produktif di Indonesia yang tidak bekerja, banyak yang putus sekolah di bawah SMA, atau hanya sampai SMP.

Namun di sisi lain, kebutuhan (pelaut) itu ada dan sangat tinggi. Maka kita akan dirikan dan kembangkan pendidikan vokasi untuk menyerap SDM yang ada, dengan target setahun 500.000 SDM.

“Dari sebuah riset, di Filipina bisa mempekerjakan lebih dari 500.000 pelaut sedangkan kita kurang dari 100.000 atau sekitar 78.000 pelaut. Padahal, jumlah penduduk kita lebih besar. Kalau kita bisa hasilkan 500.000 pelaut dan mendapatkan pekerjaan dengan gaji US$1.500, paling tidak kita dapat sekitar Rp50 triliun devisa satu tahunnya,” ungkapnya.

Menhub Budi juga mengatakan dengan terserapnya tenaga kerja pelaut Indonesia dapat menyelesaikan masalah sosial yang ada seperti, pengangguran dan sebagainya selain itu juga dapat memajukan sektor maritim di Indonesia.

“Jadi ini pekerjaan besar, satu sisi sebagai regulator mengatur sistem layanan transportasi harus bagus, tetapi  juga punya visi lain yaitu untuk mengangkat dan menambah kejayaan kita di sektor maritim,” tuturnya.

Untuk mengoptimalkan upaya pemenuhan SDM tersebut, Menhub mengungkapkan  pihaknya akan mengkerjasamakan pendidikan vokasi (kejuruan) yang dikelola Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BSDMP) baik dengan swasta maupun perguruan tinggi yang ada.

“Desember ini kita akan minta Bapak Presiden untuk meresmikan sekolah-sekolah vokasi yang nantinya tidak kita kerjakan sendiri, tapi kita kerjasamakan dengan perguruan tinggi seperti UGM, UI, UNAIR maupun swasta,” imbuhnya.

Dia juga akan menggencarkan kerja sama dengan perguruan tinggi misalnya dengan cara membuka kelas-kelas kepelautan di perguruan tinggi tersebut untuk menarik minat siswa.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper