Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Harus Perkuat Ketahanan Energi

Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Dr Budhi M Suyitno mengatakan pemerintah perlu memperkuat ketahanan energi untuk menyediakan cadangan energi dengan harga terjangkau dan dalam waktu panjang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 November 2016  |  09:41 WIB
Energi terbarukan - bumn.go.id
Energi terbarukan - bumn.go.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Sekretaris Jenderal Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) Dr Budhi M Suyitno mengatakan pemerintah perlu memperkuat ketahanan energi untuk menyediakan cadangan energi dengan harga terjangkau dan dalam waktu panjang.

"Kita harus siap dengan cadangan energi yang kita miliki dari segala gempuran bencana alam, teroris dan juga permasalahan ekonomi," kata Budhi di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Dosen Universitas Pancasila Jakarta mengatakan saat ini cadangan energi baru disediakan oleh PT Pertamina, sedangkan energi yang bernilai "strategic research" belum banyak dikembangkan, padahal di negara-negara lain sudah dikembangkan.

"Negara-negara lain sudah bisa bertahan dari kecukupan energi dari 6 bulan sampai 1 tahun, sedangkan kita hanya mampu bertahan selama 3 minggu," jelasnya.

Ia menilai kondisi tersebut sudah harus mendapat penanganan segera, karena dengan ketahanan energi maka kita akan menjadi pemicu ketahanan lainnya misalnya ketahanan pangan dan lainnya.

Dikatakannya saat ini antara produksi dan konsumsi energi kita sangat jauh. Produksi kita hanya 700.000  barrel per hari sedangkan konsumsi kita mencapai 1,5 juta per hari.

Untuk itu, kata dia, harus ada subtitusi energi alternatif yang perlu mendapat perhatian pemerintah, misalnya energi panas bumi seperti geotermal yang banyak kita jumpai diberbagai daerah namun kondisinya belum berkembang dengan baik karena minimnya infrastruktur.

"Geotermal ini belum banyak dieksploitasi padahal panas bumi ini tak akan pernah habis-habis," ujarnya.

Ia mengakui untuk mengelola panas bumi ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga diperlukan perhatian dari pemerintah untuk dikembangkn yang nantinya akan digunakan manfaatnya oleh masyarakat.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi ketahanan energi

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top