Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIPI Sumbar Budidayakan 5 Jenis Ikan Asli Danau Maninjau

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, budidayakan lima jenis ikan asli Danau Maninjau, untuk dilepas ke danau vulkanik agar tidak punah nantinya.
Danau Maninjau/Ilustrasi-Indonesiatravel
Danau Maninjau/Ilustrasi-Indonesiatravel

Bisnis.com, LUBUK BASUNG, Sumbar - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, budidayakan lima jenis ikan asli Danau Maninjau, untuk dilepas ke danau vulkanik agar tidak punah nantinya.

"Budi daya ikan asli Danau Maninjau ini telah kita lakukan beberapa tahun yang lalu," kata Peneliti Pratama UPT Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI Agam Sutrisno di Lubuk Basung, Minggu (13/11/2016).

Dia mengatakan kelima ikan yang dibudidaya itu yakni ikan gariang, asang, gupareh, bada dan rinuak.

Saat ini jumlah ikan gariang sebanyak 30 ekor berupa induk, asang sebanyak 50.000 ekor berupa induk dan anak, bada sebanyak 200.000 ekor induk dan anak, gupareh sebanyak 300 ekor berupa induk, rinuak ratusan ekor berupa induk.

"Khusus ikan rinuak, pertama kali kita budidaya, karena budidaya ini hanya secara alami di Danau Maninjau. Mudah-mudahan budidaya ikan rinuak ini sukses nantinya," tambahnya.

Dia menambahkan pihaknya akan melepas bibit ikan tersebut ke Danau Maninjau setelah besar. Ini bertujuan agar ikan asli danau tidak punah, karena ikan-ikan asli danau sudah mulai punah akibat tubo belerang dan penangkapan ikan dengan mengunakan racun.

"Saat ini ikan asli danau yang sulit ditemukan yakni, betok, sidat, cide-cide dan lainnya," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam Ermanto memberikan apresiasi kepada UPT Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI yang telah melakukan budi daya ikan asli danau. "Kita sangat mendukung ini sehingga ikan asli danau tidak akan punah," katanya.

DKP Agam, tambahnya, juga berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan biota danau agar tidak punah dengan cara melakukan budi daya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper