Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Akan Segera Serahkan Pelabuhan UPT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan segera menyerahkan pengelolaan pelabuhan-pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang selama ini dibawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub kepada PT Pelindo I hingga IV.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Oktober 2016  |  17:00 WIB
Pelabuhan  - Ilustrasi/panoramio.com
Pelabuhan - Ilustrasi/panoramio.com

Bisnis.com, KUPANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan segera menyerahkan pengelolaan pelabuhan-pelabuhan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang selama ini dibawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub kepada PT Pelindo I hingga IV.

"Saya berharap agar minggu depan beberapa pelabuhan UPT tersebut sudah dapat diserahkan kepada Pelindo untuk nantinya bisa dikelola," katanya kepada wartawan di Kupang usai meninjau pelabuhan penumpang Tenau Kupang, seperti dikutip Antara, Sabtu (29/10/2016).

Ia menjelaskan selama ini pengelolaan pelabuhan seperti peti kemas dikelola oleh dua institusi yakni dari Kemenhub serta Pelindo. Namun kedepannya Kemenhub hanya akan menjadi regulatornya dan Pelindo sebagai operatornya.

Terkait berapa jumlah pelabuhan UPT yang akan diserahkan kepada pihak Pelindo baik Pelindo I hingga IV Budi Karya yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu engan menyebutkannya.

Dengan penyerahan tersebut Budi mengharapkan agar Pelindo dapat melakukan perbaikan-perbaikan sejumlah pelabuhan UPT dan penambahan alat tersebut sehingga pelabuhan yang dikelola Pelindo itu semakin produktif.

"Pelabuhan yang sama 100 meter tetapi produktifitasnya bisa mencapai lima kali lipat dari sebelumnya," tuturnya.

Alasan penyerahan ini, katanya, agar nantinya jika Anggaran Pendapatan Belanja Nasional sudah terealisasi, maka APBN tersebut dapat digunakan untuk membangun pelabuhan-pelabuhan kecil di daerah-daerah pesisir yang tidak memiliki pelabuhan.

Saat ini Pelindo III Cabang Kupang sendiri masih terus menunggu kapan terealisasi penyerahan tersebut, sehingga nantinya pelabuhan Wini, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Atapupu, Kabupaten Belu serta pelabuhan Labuan Bajo dikelola oleh pelindo III.

Menhub sendiri melakukan kunjungannya ke NTT untuk meninjau sejumlah infrastruktur perhubungan di NTT mulai dari Pelabuhan Tenau Kupang, Bandara El Tari Kupang, Bandara Atambua, serta Labuan Bajo.

Selanjutnya Budi bersama rombongan yang menggunakan pesawat pribadi King Air B-200-GT usai dari NTT akan terbang menuju Dompu, serta nantinya kembali ke Bali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan upt

Sumber : Antara

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top