Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUMN Berpotensi Jalankan Sukuk Berbasis Wakaf

Bank Indonesia segera meluncurkan model sukuk berbasis wakaf untuk semakin memperdalam pasar keuangan syariah. Sukuk menjadi instrumen pasar keuangan syariah yang memiliki potensi mendanai aset wakaf.
Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi
Kantor Bank Indonesia di Jakarta/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia segera meluncurkan model sukuk berbasis wakaf untuk semakin memperdalam pasar keuangan syariah. Sukuk menjadi instrumen pasar keuangan syariah yang memiliki potensi mendanai aset wakaf.

Rifqi Simal, Analis Senior dan Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Kebijakan Syariah BI, mengatakan model yang ditawarkan oleh bank sentral nantinya penerbit sukuk akan melakukan kerja sama kontrak sewa jangka panjang dengan Nazir. 

Dana penjualan sukuk itu digunakan untuk membangun infrastruktur bersama kontraktor di atas tanah wakaf. Ketika infrastruktur sudah siap beroperasi, aset akan disewakan kepada penyewa.

Perolehan dana dari sewa tersebut akan dibagikan ke Nazir dan pemilik sukuk. Kemudian, di akhir periode, aset akan dikembalikan ke Nazir. Menurutnya, BUMN berpotensi sebagai salah satu penerbit sukuk.

"Yang memungkinkan potensinya ya BUMN. Apalagi BUMN ada yang bergerak di bidang infrastruktur sehingga bisa kerja sama dengan Nazir di tanah wakaf," katanya, di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Rifqi menuturkan bank sentral telah mendiskusikan model itu dengan Kementerian BUMN. Namun, BI tidak bisa masuk pada pelaksanaan keputusan bisnisnya. BI akan meluncurkan model sukuk berbasis wakaf pada Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 25 Oktober 2016 di Surabaya, Jawa Timur.

"Kita tidak masuk ke arah bisnis, tapi kita rumuskan modelnya saja kalau ada yang ingin manfaatkan, silakan dihitung, silakan dirancang sukuknya, bentuk sewanya berapa lama, imbalan seberapa besar," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper