Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERKEMBANGAN UMKM: Bekraf Gandeng Bukalapak Gelar Workshop Ekonomi Kreatif Di Palembang

Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf) menggelar pelatihan kepada 50 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Palembang dalam rangka peningkatan produksi dan jasa kreatif para pelaku.
Bukalapak/ilustrasi
Bukalapak/ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf) menggelar pelatihan kepada 50 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Palembang dalam rangka peningkatan produksi dan jasa kreatif para pelaku.

Sappe M.Sirait, Direktur Pengembangan Pasar Dalam Negeri Bekraf, mengatakan workshop ini melibatkan mentor dari pasar online Bukalapak yang memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif/UMKM.

“Kami percaya pasar produk ekonomi kreatif Indonesia akan meningkat. Tidak hanya dari segi produk yang kreatif, tapi juga bagaimana cara pemasaran yang kreatif agar bisa menjadi lebih unggul dan tercipta ekosistem kompetisi yang sehat,”katanya dalam siaran pers terkait workshop di Palembang, Jumat (7/10/2016).

Menurut Sappe, para pelaku usaha ekonomi kreatif saat ini telah semakin berkembang dengan adanya “Platform e-dagang” yang dihasilkan sebagai sarana promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif.

“Selanjutnya perlu dukungan bagi mereka untuk menggunakan dan pemanfaatan digital agar terus terhubung,” katanya.

Dia mengemukakan di tengah kemajuan era teknologi, para pelaku usaha harus mampu membidik peluang secara tepat dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan pemasarannya agar menjangkau pasar yang lebih luas, dengan melibatkan marketplace yang telah dianggap cukup berhasil.

Dengan begitu, kualitas pelaku usaha ekonomi kreatif kita akan semakin baik sehingga mampu bersaing di pasar ASEAN maupun global.

Sementara Rahmat Danu Andika, Head of Business Partner Bukalapak, menambahkan Bukalapak saat ini sudah memiliki penggerak pelapak yang tersebar di 130 daerah di Indonesia.

Pengerak Pelapak bertugas untuk menjaring jumlah pelapak baru, meningkatkan penjualan online para pelaku UKM, serta meningkatkan kualitas pelapak baru agar dapat bersaing di pasar online, serta pembinaan kepada para pelaku UKM.

“Di samping itu, Bukalapak juga memiliki anggota komunitas yang telah tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dengan begitu pembinaan UKM di daerah-daerah diharapkan dapat semakin terintegrasi,”katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper