Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zona Halal di Kawasan Industri Pulogadung Bakal Hadir

Zona halal di kawasan industri segera hadir di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, yang akan menjadi etalase dan show case bagi industri halal di Indonesia.
Zona halal di kawasan industri segera hadir di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, yang akan menjadi etalase dan show case bagi industri halal di Indonesia./Bisnis
Zona halal di kawasan industri segera hadir di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, yang akan menjadi etalase dan show case bagi industri halal di Indonesia./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Zona halal di kawasan industri segera hadir di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, yang akan menjadi etalase dan "show case" bagi industri halal di Indonesia.

Pengelola Kawasan Industri Pulogadung yakni PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menyatakan siap untuk merespon tren dunia dengan terus berupaya mewujudkan adanya zona halal di kawasan industri yang dikelolanya, di Pulogadung, Jakarta.

"Kami siap untuk mendukung kawasan halal industri," ucap Sitta Izza Rosdaniah, Financial and Supporting Director PT JIEP, di Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Menurut Sitta, zona halal yang ada di Kawasan Industri Pulogadung akan menjadi etalase dan "show case" bagi industri halal.

"Zona yang kami kembangkan memiliki berbagai fasilitas yang menunjang manajamen dan distribusi halal," katanya.

Di Zona Halal akan ada Moslem Fashion Hub, MICE, Halal Warehouse, Halal Laboratory, Shariah Finance Centre, National Creative Industry & Training Centre, Halal Lifestyle Showcases, National Logistic Centre, Halal Culinary Centre, dan Organic Urban Farming.

"Kami ingin laboratorium halal segera berdiri di kawasan Industri kami," katanya.

Di zona halal, kata dia, Usaha Kecil dan Menengan (UKM) akan mendapatkan prioritas untuk mengembangkan unit bisnisnya.

Menuru dia, sejauh ini UKM memang perlu dukungan agar produk yang dihasilkannya, dapat memenuhi standar halal.

"Ini adalah makna dari zona halal, kami akan siap sedia untuk membantu. Kami akan memfasilitasi mereka untuk mengembangkan UKM karena di zona itu terdiri dari banyak perusahaan yang bisa dapat dimanfaatkan untuk konsultasi," ucapnya.

UKM pun akan difasilitasi untuk bisa mendapatkan dana dalam zona halal ini.

Selain itu, JIEP juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas khusus yang juga dapat digunakan oleh segenap pengusaha dalam lingkungan tersebut.

Sitta menekankan bahwa zona halal di kawasan industri yang dikelola JIEP tak akan terwujud tanpa adanya sinergi dan dukungan komunitas halal.

Oleh karena itulah, JIEP gencar menjalin sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak.

JIEP telah menandantangani Nota Kesepakatan Bersama atau MoA (Memorandum of Agreement) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/Indonesian Port Corporation (IPC), tentang Penyusunan Kajian Kerja sama Pembangunan dan Pengoperasian Integrated Logistic Area di Kawasan Industri Pulogadung.

Penandatanganan MoA dilakukan di dalam kegiatan The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) yang diselenggarakan di Jakarta pada Agustus 2016.

MoA tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan penyusunan kajian kerja sama pembangunan dan pengoperasian Integrated Logistic Area untuk International Halal Hub di Kawasan JIEP.

Program ini dinamakan Jakarta International Halal Hub (JIHH).

MoA bertujuan untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha kedua BUMN ini baik untuk pembangunan International Halal Hub, juga untuk mendukung Halal Port yang diinisiasi oleh anak perusahaan IPC, yakni PT Multi Terminal Indonesia (MTI), agar lebih efektif dan bernilai.

Dalam operasional Pelabuhan Halal, yang telah ada sejak 2016, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah diajak bekerja sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper