Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Dunia & Denmark Hibahkan US$22 Juta untuk 10 Kesatuan Pengelolaan Hutan

Bank Dunia dan Kerajaan Denmark mengucurkan dana hibah sebesar US$22 juta untuk pengembangan 10 kesatuan pengelolaan hutan (KPH).
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 04 Oktober 2016  |  13:28 WIB
Bank Dunia & Denmark Hibahkan US$22 Juta untuk 10 Kesatuan Pengelolaan Hutan
Bank Dunia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Dunia dan Kerajaan Denmark mengucurkan dana hibah sebesar US$22 juta untuk pengembangan 10 kesatuan pengelolaan hutan (KPH).

Dana itu dialokasikan untuk Forest Investment Program (FIP) yang digarap bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Secara rinci, Bank Dunia mengucurkan US$17,35 juta melalui Strategic Climate Fund (SCF), sementara Denmark sebesar 40 juta kroner atau sekitar US$5,07 juta.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengapresiasi Bank Dunia dan Pemerintah Denmark yang telah mendukung proyek tersebut.

“Di samping aspek keuangan, saya berharap para mitra pembangunan internasional juga bisa mendukung proyek melalui peningkatan kapasitas dan transfer teknologi,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (4/10/2016).

Pada 27 Mei 2016, Bank Dunia telah menyetujui KLHK sebagai lembaga utama proyek ini dengan Direktorat Jenderal  Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK sebagai pelaksana utama.

FIP memiliki tiga komponen utama selain pengelolaan, pengawasan dan evaluasi proyek. Komponen pertama, berfokus dalam penguatan perundang-undangan, kebijakan, dan kapasitas kelembagaan dalam pengelolaan hutan secara terdesentraliasasi. Komponen kedua, berfokus pada pengembangan kapasitas, akses terhadap informasi, dan pengetahuan. Adapun komponen ketiga, berfokus pada peningkatan praktik pengelolaan hutan pada 10 KPH.

FIP Bank Dunia-Denmark-KLHK ini akan melengkapi dua proyek FIP lainnya yang didukung masing-masing oleh Asian Development Bank (ADB) dan International Finance Corporation (IFC). Ketiga proyek ini secara bersama membentuk upaya terpadu dalam mentransformasi pengelolaan hutan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top