Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perhapi: Indonesia Butuh Perusahaan Khusus Eksplorasi

Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) mendorong dibentuknya perusahaan-perusahaan yang khusus melakukan eksplorasi pertambangan untuk meningkatkan kembali gairah aktivitas yang semakin lesu tersebut.n
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 29 September 2016  |  02:03 WIB
Pertambangan - Ilustrasi
Pertambangan - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) mendorong dibentuknya perusahaan-perusahaan yang khusus melakukan eksplorasi pertambangan untuk meningkatkan kembali gairah aktivitas yang semakin lesu tersebut.

Ketua Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Tino Ardhyanto mengatakan munculnya perusahaan-perusahaan eksporasi tersebut akan membantu perusahaan tambang memeroleh data cadangan tanpa menambah risiko.

"Jadi membagi risiko juga. Perusahaan tambang bisa fokus di penambangan dan tidak perlu melakukan eksplorasi sendiri," katanya di Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Dia mengatakan perusahaan eksplorasi atau yang biasa disebut sebagai junior mining company tersebut lazim ada di negara-negara pertambangan. Oleh karena itu, dia mendorong agar Indonesia bisa memiliki pola kegiatan eksplorasi yang sama.

Adapun saat ini sudah ada Badan Geologi Kementerian ESDM yang salah satu fungsinya adalah mengumpulkan data cadangan batu bara dan mineral. Namun, Tino menilai badan tersebut akan kewalahan jika harus ikut melakukan eksplorasi di seluruh Indonesia.

"Indonesianya terlalu luas dan jenis mineralnya banyak sekali. Perlu kerja sama, salah satunya dengan perusahaan eksplorasi tadi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertambangan perhapi eksplorasi
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top