Dedikasi Ridi Mengelola Nursery

Ada banyak kisah inspiratif dari pelosok daerah. Cerita sukses yang didapat dari hasil kerja keras dan juga hasil kemitraan dengan perusahaan. Kisah Ridi, contohnya.
 Ridi saat berada di tempat pembibitan RAPP, mitranya menumbuhkan usaha
Ridi saat berada di tempat pembibitan RAPP, mitranya menumbuhkan usaha

Nikmat sukses itulah yang dirasakan Ridi, warga asli Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau. Dia kini telah berhasil mengubah hidup menjadi lebih baik setelah menjalin kemitraan dengan PT. Riau Andalan Pulp Paper (RAPP). Boleh dibilang Ridi adalah saksi hidup awal mulai RAPP beroperasi di Pangkalan Kerinci.

Bersama RAPP, kehidupan Ridi beranjak sejahtera. Bisnis yang dirintis dengan dukungan RAPP kini sudah berbinar menjanjikan masa depan yang lebih baik. Ia yakin, keberhasilan selalu beriringan dengan usaha dan kerja keras.

Ridi mengenang, dia mulai tinggal di Pangkalan Kerinci saat masih berusia5 tahun. Ketika itu, Pangkalan Kerinci masih bisa dibilang sebagai “tempat jin buang anak”. Tamsil yang menggambarkan saking sepinya Pangkalan Kerinci. Bahkan saat usianya menginjak 12 tahun, tak banyak berubah dari Pangkalan Kerinci: masih saja sepi. “Mobil yang hilir mudik bisa dihitung dengan jari,” kenangnya.   

Ekonomi tak terlalu berdenyut. Kala itu, mayoritas masyarakat yang berjumlah sekitar 300 kepala keluarga (KK) bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. 

Namun, keadaan berubah ketika RAPP beroperasi di wilayah itu. Kegelapan yang semula menjadi teman setia kesunyian, berangsur sirna. Bagaimana tidak, RAPP yang mengembangkan usaha di wilayah itu menunjukkan sikap yang peduli lingkungan sekitar. Dengan anak usahanya PT RPE, perusahaan ini memulai berbagi dengan masyarakat dengan mengalirkan setrum alias listrik sebagai penerangan lingkungan dan warga sekitar lokasi usaha.

Pasokan listrik pun membuat suasana Pangkalan Kerinci menggeliat. Aktivitas masyarakat mulai hidup, tanpa dibatasi tenggelamnya matahari. Geliat ekonomi pun mulai muncul lantaran lapangan pekerjaan selain bertani dan nelayan mulai terbuka.

 Yang menarik, ungkap Ridi, RAPP tak hanya membuat suasana ramai. Namun juga mampu menumbuh kembangkan ekonomi rakyat.  Ridi tak memungkiri, dukungan RAPP terhadap masyarakat Pangkalan Kerinci merupakan bukti nyata penerapan visi Good for Community.

“Begitu RAPP berdiri, Pangkalan Kerinci Berubah"  

Ridi menambahkan, RAPP mendukung penuh dans angat terbuka bagi masyarakat yang mau bermitra dan berusaha. “Alhamdulillah, begitu RAPP berdiri, Pangkalan Kerinci berubah 180 derajat," ujar pemilik PT Artha Veda, perusahaan penyedia jasa buruh untuk pembibitan atau nursery milik RAPP.    

Dia menceritakan, kisah sukses itu bermula pada 2009 lalu. Kala itu, ia bergabung menjadi mitra bina RAPP dengan mendirikan Artha Veda. Saat memulai usaha, Ridi hanya berhasil merekrut belasan orang. Kemudian berkembang menjadi 60 orang ,dan kini Ridi bisa memperkerjakan 350an orang.

Tanggungjawab dan pekerjaan Ridi tak bisa dianggap ringan. Dia harus mencari pekerja yang berdedikasi, memiliki keterampilan, sekaligus disiplin. Pasalnya, pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya bukan main-main. Ridi harus mampu menyeleksi calon pekerja yang mampu melakukan pekerjaan mulai dari proses pembibitan pohon bahan baku kertas hingga siap ditanam ke lahan Hutan Tanaman Industri (HTI) milik RAPP.

Ia menjelaskan, pekerjaan para nursery yakni menyiapkan media, kemudian tanami bibit cutting. Selanjutnya dibawa ke routing area.  "Itu proses produksi. Setelah delapanminggukita bisa mengirimkan bibit-bibit itu ke lahan terbuka. Dalam hal ini sayalah yang menyiapkan tenaga kerja," paparnya.

 Diakui Ridi, RAPP tidak sekadar memperkerjakan orang. Namun pekerja di nursery itu juga diberikan pelatihan khusus. Pekerja pun terbuka memberikan masukan, termasuk masukan yang mendukung kegiatanu saha RAPP.

Semua dukungan itu menjadikan usaha miliknya juga ikut berkembang. Apalagi komitmen RAPP tersebut berdampak positif pada penyerapan tenaga kerja lokal.

Ia menegaskan, RAPP sangat terbuka sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat yang mau bermitra dan berusaha.Ridi Ridi yang lain dengan berbagai jenis usaha juga bertebaran di Pangkalan Kerinci.  

Kini, berkat kerja keras dan dedikasinya bersama RAPP, ia bisa membangun rumah megah berlokasi di Jalan Lintas Timur, Pangkalan Kerinci.

Ia yakin, ke depan, RAPP akan terus membuka lebar kesempatan mengembangkan usaha kecil dan menengah lewat Community Development Program. Kepada mitra lain, ia berpesan agar terus konsisten, bekerja keras, memberikan dedikasi terbaik agar kemitraan bersama RAPP menuai sukses di kemudian hari.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Sumber : Marketing Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper