Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun atau Beli Rumah?

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian bagi semua orang. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga dijadikan investasi untuk masa depan. Untuk mendapatkan rumah idaman, tentu banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa membangun dari awal atau langsung membelinya melalui developer atau rumah bekas.

Bisnis.com, JAKARTA-Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian bagi semua orang. Bukan hanya sebagai tempat tinggal, rumah juga dijadikan investasi untuk masa depan. Untuk mendapatkan rumah idaman, tentu banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa membangun dari awal atau langsung membelinya melalui developer atau rumah bekas.

Mana yang lebih menguntungkan? Membeli rumah jadi atau membangun dari awal? Persoalan ini bisa menjadi kebingungan bagi banyak orang. Sejatinya, kedua opsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, pemilihan membeli atau membangun ini harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang.

Membangun Rumah

 Salah satu kelebihan dari membangun rumah adalah kita bisa membuat sendiri desain rumah. Tata letak juga bisa disesuaikan sesuka hati bergantung pada dana dan selera. Hal ini tentu sangat berbeda jika kita membeli rumah dari developer. Pasalnya, setiap developer biasanya sudah memiliki template desain dan bentuk properti yang akan dijualnya.

Beberapa developer saat ini memang mulai memberikan penawaran kepada calon pembeli untuk mendesain sendiri rumah yang diinginkannya. Namun, ini merupakan fasilitas yang jarang sekali terjadi. Jika pun ada, harga yang ditawarkan developer biasanya lebih mahal.

Namun yang perlu diperhatikan adalah proses pengerjaan untuk membangun sebuah rumah tentu sangat memakan waktu, Anda harus mengeluarkan waktu minimal 14 bulan hingga rumah selesai dibangun sesuai dengan yang diharapkan.

 Tidak hanya itu, Anda pun harus benar-benar pintar untuk mengelola dana untuk membangun rumah, jangan sampai nanti dana yang dimiliki malah habis disaat proses pembangunan masih berlangsung. Untuk itu pintar-pintar lah untuk memilih bahan bangunan yang murah namun berkualitas.

Dari sisi harga, hitung-hitungan di atas kertas menunjukkan membangun rumah sendiri seharusnya bisa lebih murah. Namun, hal ini tentu harus diimbangi dengan perencanaan yang baik. Jika membeli rumah dari developer biasanya akan lebih mahal karena pihak tersebut akan mengambil keuntungan.

 Membeli rumah

 Sementara itu,  kelebihan memiliki rumah dengan cara membelinya adalah kepraktisan dan kenyamanan. Dengan membeli rumah, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara dan prosedur membangun rumah.

Anda bisa memanfaatkan situs direktori properti yang  tersedia atau menghadiri pameran-pameran. Membeli rumah saat ini biasanya lebih praktis karena sejumlah developer sudah memberikan beragam kemudahan. Mulai dari down payment yang ringan atau cicilan yang murah.

Namun membeli rumah siap huni juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah desain rumah yang tidak sesuai dengan keinginan. Kalau sudah begitu ceritanya, maka Anda harus mengeluarkan biaya khusus untuk merenovasi atau memperbaiki rumah.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper