Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lahan Tol Palindra Harus Dibebaskan Bulan Ini

Pembebasan lahan proyek jalan tol Palembang Indralaya atau Palindra dinilai harus segera tuntas pada bulan ini supaya bisa mencapai jalan bebas hambatan itu rampung pada Juli 2017.
Ilustrasi proyek tol/Jibiphoto
Ilustrasi proyek tol/Jibiphoto

Bisnis.com, PALEMBANG – Pembebasan lahan proyek jalan tol Palembang – Indralaya atau Palindra dinilai harus segera tuntas pada bulan ini supaya bisa mencapai jalan bebas hambatan itu rampung pada Juli 2017.

Hasan Turcahyo, Manajer Proyek PT Hutama Karya (Persero) Divisi Jalan Tol Palindra, mengatakan pihaknya belum bisa menerjakan secara keseluruhan ruas karena masih ada lahan yang belum dibebaskan.

“Sebetulnya bisa dikerjakan dengan cepat, namun kondisi di lapangan tidak bisa seperti itu, masyarakat tahunya lahan bebas jika ada uang ganti rugi,” katanya, Senin (15/8).

Hasan memaparkan saat ini status lahan proyek baru 91% yang masuk kategori dibebaskan, sisanya sebanyak 9% masih dalam tahap konsiyuasi di Pengadilan Negeri.

Pihaknya sendiri menargetkan proses pembebasan lahan bisa rampung paling lambat akhir Agustus 2016.

Adapun secara seksi jalan, lahan yang belum bebas banyak terdapat di Seksi II, yakni dari akses Pemulutan sampai Simpang KTM Rambutan.
 
“Progres pengerjaan untuk Seksi II ini masih sangat kecil, yakni hanya 0,15% berbeda dengan seksi lain yang sudah menunjukkan peningkatan progres,” katanya.

Sementara  lahan untuk Seksi I, yakni akses Palembang—Pemulutan sudah berstatus dibebaskan sehingga terlihat progres proyek mencapai 41% di seksi tersebut.

Selanjutnya, dia menambahkan, untuk di Seksi III, yakni akses Simpang KTM Rambutan –Simpang Indralaya tercatat baru sebagian yang dibebaskan mulai dari KM 15 – KM 22.

“Sementara sisanya di KM 12 menuju KM 15 masih dalam proses. Adapun progress pengerjaan di jalan Seksi III kami catat mencapai 16,3%,” katanya.

Secara keseluruhan, Hasan melanjutkan, progres pembangunan ruas jalan tol Palindra mencapai 23,9%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper