Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mensos: e-Warung Sediakan Empat Bahan Pokok

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan warga miskin bisa membeli empat kebutuhan pokok yang dijual pada layanan warung elektronik (e-warung) dengan menggunakan Kartu Bisa.
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa/Antara
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa/Antara

Bisnis.com, MOJOKERTO - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan warga miskin bisa membeli empat kebutuhan pokok yang dijual pada layanan warung elektronik (e-warung) dengan menggunakan Kartu Bisa.

"Dengan Kartu Bisa, ibu-ibu penerima beras sejahtera (rastra) bisa memilih sendiri jenis beras yang diinginkan di e-warung, kalau uangnya lebih bisa beli gula, minyak goreng dan tepung," kata Mensos saat peluncuran e-warung di Mojokerto, Sabtu (30/7/2016).

Selama ini keluarga miskin menerima 15 kilogram rastra setiap bulan, tapi dengan layanan digital, rastra tersebut diuangkan senilai Rp110 ribu dan dikonversi dengan empat bahan kebutuhan pokok yaitu beras, gula, minyak goreng dan tepung.

"Kalau uangnya lebih, masih bisa disimpan sebagai tabungan. Uangnya tidak akan hilang," tambah Mensos.

Mensos menegaskan selain empat kebutuhan pokok tersebut tidak bisa ditukar dengan barang lain misalnya dengan rokok. Karena dalam sistem Kartu Bisa sudah mengunci empat item bahan pokok.

Khofifah mengatakan, dengan layanan keuangan digital dan e-warung menjadikan efisiensi dari seluruh bantuan sosial, selain itu juga memastikan ketepatan sasaran dan jumlah serta kualitas terutama untuk rastra.

Selain itu, harga kebutuhan pokok di e-warung lebih murah daripada harga di tempat lain karena didistribusikan langsung dari Bulog untuk beras dan RNI mendistribusikan gula.

"Kenapa bisa murah karena memang sekian banyak mata rantai distribusi bisa diputus, dari Bulog langsung ke e-warung, dari RNI ke e-warung. Harapannya adalah layanan bahan pangan masyarakat bisa lebih mudah diakses dan lebih murah," tambah dia.

Mojokerto merupakan titik ketiga ujicoba layanan keuangan digital dan e-warung setelah sebelumnya diujicoba di Malang dan Sidoarjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper