Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AirAsia Sepakati Pemesanan 100 Unit Airbus A321neo

Maskapai penerbangan Grup AirAsia menandatangani kesepakatan dengan perusahaan manufaktur pesawat Airbus atas pemesanan 100 unit pesawat Airbus jenis A321neo yang merupakan pemesanan perdana AirAsia untuk pesawat tipe tersebut.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 13 Juli 2016  |  17:06 WIB
AirAsia Sepakati Pemesanan 100 Unit Airbus A321neo
Airbus A321neo. - airbus.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maskapai penerbangan Grup AirAsia menandatangani kesepakatan dengan perusahaan manufaktur pesawat Airbus atas pemesanan 100 unit pesawat Airbus jenis A321neo yang merupakan pemesanan perdana AirAsia untuk pesawat tipe tersebut.

"Kami mengucapkan selamat kepada Airbus yang telah memproduksi pesawat A321neo yang mutakhir, yang akan berperan penting dalam mendukung kebutuhan kami akan operasional penerbangan yang efisien," kata CEO Grup AirAsia Tony Fernandes dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (13/7/2016).

Tony Fernandes mengungkapkan, A321neo akan dioperasikan untuk melayani rute-rute terpopuler maskapai itu, terutama pada bandar udara yang memiliki keterbatasan infrastruktur.

Menurut dia, dengan slot yang sama, volume penumpang dapat ditingkatkan sehingga akan membawa manfaat yang langsung dirasakan oleh pihak bandara, seperti operasional yang lebih efisien, peningkatan pendapatan dari biaya pelayanan penumpang, serta menggairahkan transaksi retail.

"Guna meningkatkan kinerja ketepatan waktu, kami akan tetap menerapkan waktu transit serta proses menaikkan dan menurunkan penumpang dalam 25 menit," katanya.

CEO Grup AirAsia memaparkan, pihaknya saat ini mengoperasikan hampir 1.000 penerbangan setiap hari ke lebih dari 120 tujuan di 24 negara.

Selain itu, ujar dia, pihaknya mencatat peningkatan tingkat keterisian pesawat sebesar 85 persen pada kuartal pertama tahun 2016, atau meningkat delapan persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Hadirnya A321neo akan mendukung kami dalam memenuhi tuntutan persaingan sekaligus menurunkan biaya per kilometer kursi yang tersedia di seluruh Grup AirAsia, yang akan berujung pada hematnya tarif kursi yang kami tawarkan kepada pelanggan," jelasnya.

Dengan kapasitas hingga 240 kursi dalam pengaturan satu kelas tunggal, A321neo akan memungkinkan maskapai meningkatkan kapasitas sekaligus meraup manfaat dari biaya operasionalnya yang terhemat untuk pesawat dalam kategori lorong kabin tunggal.

CEO Airbus Fabrice Bregier menyatak pihaknya sangat senang dengan tambahan pemesanan pesawat dari AirAsia, karena menjadi bukti tingginya kepercayaan terhadap produk dalam kategori pesawat berlorong kabin tunggal yang mereka miliki.

"Kami menantikan pesawat A321neo terbang dalam balutan warna AirAsia dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara terus-menerus sebagai salah satu maskapai berbiaya hemat terbaik di dunia," ujar Fabrice Bregier.

Berdasarkan data Airbus, pesawat dalam kelompok A320 merupakan produk yang terlaris untuk kategori pesawat berlorong kabin tunggal yang mencatat hampir 12.600 pemesanan sejak diluncurkan, dan lebih dari 7.100 pesawat telah dikirimkan ke berbagai operator A320 di seluruh dunia.

Sedangkan kelompok A320neo mengadopsi teknologi paling mutakhir seperti mesin generasi baru serta "wing tip Sharklet", yang menciptakan kombinasi yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15 persen pada awalnya, dan akan meningkat menjadi 20 persen pada tahun 2020 seiring dengan inovasi pada kabin yang akan diterapkan ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia airbus
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top