Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ternyata Orang Indonesia Lebih Sering Mencari Rumah Pada Hari Kamis

Riset Rumah.com menunjukkan konsumen properti di Indonesia ternyata lebih memilih Kamis sebagai hari terbaik dalam melakukan pencarian rumah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Riset Rumah.com menunjukkan konsumen properti di Indonesia ternyata lebih memilih Kamis sebagai hari terbaik dalam melakukan pencarian rumah.

Fakta ini berdasarkan analisis trafik Rumah.com yang memiliki lebih dari 350.000 listing properti dan 15 juta pageviews setiap bulan selama semester pertama 2016.

Dalam website Rumah.com, para pencari hunian menjelajahi iklan perumahan baru, rumah dijual, apartemen dijual hingga disewa melalui desktop dan mobile.

Bagi developer dan agen properti, informasi ini dapat menggambarkan perilaku konsumen properti di Indonesia untuk mendukung strategi pemasaran, sehingga pencari properti dapat menemukan hunian idaman secara tepat dan mudah.

Analisis Rumah.com juga mencatat Selasa dan Senin sebagai hari paling favorit kedua dan ketiga bagi konsumen properti untuk mencari hunian secara online.

Sabtu dan Minggu ternyata lebih rendah daripada hari-hari lain. Meski demikian, hal ini bukan berarti pencari properti tidak sibuk mencari rumah di akhir pekan.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com mengatakan, hari Sabtu dan Minggu umumnya dimanfaatkan oleh para pencari properti untuk melakukan survey atau kunjungan ke lokasi properti dan Kamis adalah hari favorit mereka untuk mencari hunian yang tepat sesuai pilihan lokasi dan kemampuan bujet.

“Ini artinya, Kamis mereka manfaatkan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang hunian yang dibidik, termasuk menghubungi agen atau developer, dan dilanjutkan dengan kunjungan untuk melihat langsung fasilitas, spesifikasi dan kondisi hunian di akhir pekan,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (24/6/2016).

Berikut ini data persentase banyaknya pencari properti online tiap hari: 

Senin                       15,3%

Selasa                     15,35%

Rabu                        14,96%

Kamis                      15,75%

Jumat                      14,09%

Sabtu                       12,14%

Minggu                   12,4%

Para pencari properti aktif sejak pukul 10.00 WIB dan mencapai tingkat sangat aktif pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Pada jam 14.00 WIB, pencari properti mulai lebih aktif daripada pukul 13.00 WIB dan mencapai puncak kembali pada 15.00 WIB. Namun keaktifan sejak pukul 12.00 WIB lebih tinggi daripada 15.00 WIB.

 Berikut jam aktif para pencari properti:

10-11                       5,71%

11-12                       6,38%

12-13                       6,49%

13-14                       5,85%

14-15                       6,35%

15-16                       6,46%

16-17                       6,15%

17-18                       5,67%

 Para pencari properti umumnya menjelajahi properti pilihan mereka pada jam-jam kantor, dan tertinggi pada waktu istirahat. Mungkin ini bisa menjelaskan mengapa Jumat bukan termasuk hari favorit bagi mereka, meskipun Jumat lebih dekat dengan Sabtu dan Minggu di mana mereka berencana mengunjungi lokasi properti.

Hal ini mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim dan harus menunaikan ibadah pada Jumat siang hari, dan berdampak terhadap waktu yang mereka manfaatkan untuk menjelajahi properti pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper