Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadapi Mudik dan Balik, Pelindo III Siagakan 13 Terminal Penumpang

PT Pelindo III (Persero) siaga menyiapkan beragam fasilitas pokok dan sarana pendukung di 13 terminal penumpang yang dioperasikannya. Hal ini dilakukan sejalan dengan periode pelayanan angkutan laut mudik dan balik Lebaran 2016.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelindo III (Persero) siaga menyiapkan beragam fasilitas pokok dan sarana pendukung di 13 terminal penumpang yang dioperasikannya. Hal ini dilakukan sejalan dengan periode pelayanan angkutan laut mudik dan balik Lebaran 2016.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan terminal penumpang kapal laut dipersiapkan dengan disertai fasilitas penunjang lain, seperti tenda dan kursi yang mampu menampung arus penumpang lebaran, toilet dan fasilitas penunjangnya, serta tempat sampah.

“Demi pengaturan penumpang, akan dilakukan pemisahan jalur embarkasi dan debarkasi penumpang,” katanya dalam siaran pers, Kamis (16/6/2016).

Di sisi lain, Pelindo III juga menyiagakan petugas pelayanan operasional, seperti petugas terminal penumpang, petugas pandu, operator radio dan petugas terkait lainnya. Selain itu, guna memudahkan komunikasi dengan penumpang, Pelindo III menyediakan call centre.

Pada terminal penumpang kapal laut juga disediakan check in counter, ruangan merokok, ruang laktasi, ruang kesehatan, musholla, fasilitas penyandang cacat, kantin, lapangan parkir kendaraan, penyejuk ruangan (AC), jaringan wifi, TV, pengeras suara, alarm tanda bahaya, dan alat pemadam kebakaran.  

“Guna menjamin keamanan penumpang, termasuk barang bawaannya, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas pada saat pemeriksaan di pintu masuk,” kata Edi.

Dalam rangka pelaksanaan pengamanan dan kelancaran angkutan laut Lebaran 2016, selanjutnya dibentuk satuan tugas pengamanan dan kelancaran kegiatan laut lebaran di masing-masing pelabuhan. Ini terhitung mulai 18 Juni 2016 (H -18) hingga 24 Juli 2016 (H +17).

Dalam satuan tugas tersebut dikoordinasikan otoritas pelabuhan/KSOP setempat dan disiapkan posko terpadu di lokasi terminal penumpang. Adapun personelnya terdiri dari kepolisian, militer, operator terminal Pelindo III, operator kapal/perusahaan pelayaran, dan rumah sakit/tenaga medis.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper