Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Lubricants Dorong Usaha Perbengkelan di Cilacap

PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), meluncurkan kegiatan kewirausahaan tenaga muda produktif di wilayah Cilacap melalui Enduro Student Program.
Siswa SMK merakit sepeda motor. /Bisnis.com
Siswa SMK merakit sepeda motor. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero), meluncurkan kegiatan kewirausahaan tenaga muda produktif di wilayah Cilacap melalui Enduro Student Program.

Enduro Student Program adalah rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan khususnya perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari enam SMK Otomotif unggulan di Cilacap terkait dengan keberadaan Production Unit Cilacap (PUC) di wilayah tersebut.

Program pelatihan berjangka dua bulan itu merupakan program khusus pendidikan perbengkelan roda dua dan magang / bekerja yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan dan lingkungan dan perencanaan bisnis. 

Program tersebut akan melibatkan 21 siswa berprestasi yang memiliki minat kuat dalam usaha mekanik atau perbengkelan dan memiliki mimpi untuk membangun kemandirian masyarakatmelalui usaha bengkel.

Manajer Produksi Unit Cilacap PT Pertamina Lubricants Agus Mahyudin mengatakan bahwa dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. 

Sebagai produsen pelumas nasional, lanjutnya, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat. 

"Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh," katanya dalam siaran pers, Rabu (15/6/2016).

Pada tahap awal, 21 peserta tersebut akan mendapatkan pelatihan perbengkelan teknis dan non-tekniks di Balai Latihan Kerja (BLK) Cilacap yang meliputi pelatihan ilmu teknik mesin motor, service motor, perawatan mesin,spare-parts, kelistrikan dan masih banyak lagi. 

Siswa juga akan diberikan pelatihan wirausaha meliputi strategi dan inspirasi dalam menjalanan bisnis mandiri, taktik penjualan, pelayanan konsumen yang prima, team building dan wawasan mengenai  pengelolaan limbah bengkel. 

Selain itu, Pertamina Lubricants juga bekerjasama dengan ILMA (Industrial Lubricants Marketing Academy) untuk memberikanproduct knowledge pelumas Pertamina dan semua ilmu tentang pelumasan secara mendalam.

Setelah program pelatihan di BLK selesai, peserta akan dikelompokan dan diberikan kesempatan emas untuk magang dan bekerja secarareal di 7 bengkel mitra terpilih binaan Pertamina Lubricants yang tersebar di Cilacap.

“Belajar tidak boleh terhenti, di dunia kerjalah sesungguhan social enterpreneurship dan skill mereka di uji dan di kembangkan secara maksimal. Diharapkan semua peserta dapat merasakan dinamika usaha bengkel dan timbul minat yang kuat untuk membuka usaha bengkel sendiri dengan kualitas teknis yang mumpuni kedepannya”, ungkap Agus.

Selain itu, 7 bengkel mitra binaan Pertamina Lubricants akan di rejuvenasi dengan diisikan perabot hasil olahan drum bekas pabrik pelumas Pertamina menjadi perabot kreatif anak bangsa berbentuk sofa, rak dan meja. 

Botol oli bekaspun akan diberikan ke Bank Sampah Cilacap untuk mereka olah kembali. Hal tersebut mengajarkan para peserta program untuk selalu memerhatihan limbah bekas agar bengkel selalu bersih dan tidak merusak lingkungan.

Program ini juga akan menggelar kompetisi antar peserta dan kelompok untuk sama-sama saling mengasah ide dan kreatifitas gila penjualan pelumas Pertamina. Contoh kompetisi adalah pengembangkan ide unik pemasaran produk dan kreatifitas dalam mempromosikan produk kepadapelanggan baik itu melalui jalur tradisional maupun digital. 

Hal tersebut adalah untuk terus menumbukan semangat serta motivasi dalam belajar dan bekerja. Selain itu, kompetisi tersebut juga akan turut memberikan pemasukan dan awareness yang lebih besar bagi bengkel mitra PT Pertamina Lubricants.

“Program ini selaras dengan komitmen CSR kami, bekerja sama dengan mitra, untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia dibidang otomotif. Semoga dengan Enduro Student Program ini, kemandirian masyarakat dapat terbangun secara berkelanjutan dimana para peserta dapat terus membangun mimpi mereka, membuka lapangan pekerjaan, membangun ekonomi setempat dan menjadi inspirator bagi rekan-rekan mereka”, lanjutnya.

Program berkelanjutan ini diharapan dapat menumbuhkan usaha perbengkelan diwilayah Cilacap menjadi lebih baik dan sejahtera dan juga turut membangun semangat jiwa muda Indonesia untuk terus bekerja keras dan bersemangat tinggi. Kedepannya, program ini akan dilanjutkan dan direplikasi ke wilayah pabrik PT Pertamina Lubricnats lainnya yaitu Gresik dan Tanjung Priok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper