Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stabilkan Harga Ikan: Empat Perusahaan Gelar Operasi Pasar

Empat perusahaan ikut terlibat dalam operasi pasar di kawasan Jabodetabek untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan ikan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2016.
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa
Ilustrasi-Perikanan/Antara-Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA – Empat perusahaan ikut terlibat dalam operasi pasar di kawasan Jabodetabek untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan ikan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2016.

PT Perikanan Nusantara (Perinus), Perum Perikanan Indonesia (Perindo), PT Intimas Surya, serta PT Komira akan menjual produk ikan segar maupun olahan selama Juni 2016. Beberapa pasar yang akan digarap a.l. Pasar Grogol, Pasar Johar Baru, Pasar Kramat Jati, Pasar Koja.

Operasi pasar digelar bergantian oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dharma Wanita Persatuan KKP.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang merupakan inisator operasi pasar mengatakan KKP juga telah melakukan sejumlah langkah lain berupa konsolidasi data pasokan dan komunikasi dengan pemasok besar atau ritel modern.

“Kami juga melakukan monitoring pasokan dan harga secara real time dan daring, serta melakukan pantauan langsung secara selektif di kota-kota besar,” katanya dalam siaran pers, Selasa (14/6/2016).

KKP telah melakukan survei dan monitoring status permintaan dan harga ikan menjelang puasa dan Lebaran 2016 di beberapa daerah, seperti Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Manado.

Hasil survei dan monitoring tersebut menunjukan status permintaan dan harga ikan cenderung aman dengan kenaikan harga ikan berkisar 10%-20%, tergantung jenis ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper