Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stabilkan Harga Ikan: Empat Perusahaan Gelar Operasi Pasar

Empat perusahaan ikut terlibat dalam operasi pasar di kawasan Jabodetabek untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan ikan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2016.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 14 Juni 2016  |  19:31 WIB
Ilustrasi-Perikanan - Antara/Ampelsa
Ilustrasi-Perikanan - Antara/Ampelsa

Bisnis.com, JAKARTA – Empat perusahaan ikut terlibat dalam operasi pasar di kawasan Jabodetabek untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan ikan selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2016.

PT Perikanan Nusantara (Perinus), Perum Perikanan Indonesia (Perindo), PT Intimas Surya, serta PT Komira akan menjual produk ikan segar maupun olahan selama Juni 2016. Beberapa pasar yang akan digarap a.l. Pasar Grogol, Pasar Johar Baru, Pasar Kramat Jati, Pasar Koja.

Operasi pasar digelar bergantian oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Dharma Wanita Persatuan KKP.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang merupakan inisator operasi pasar mengatakan KKP juga telah melakukan sejumlah langkah lain berupa konsolidasi data pasokan dan komunikasi dengan pemasok besar atau ritel modern.

“Kami juga melakukan monitoring pasokan dan harga secara real time dan daring, serta melakukan pantauan langsung secara selektif di kota-kota besar,” katanya dalam siaran pers, Selasa (14/6/2016).

KKP telah melakukan survei dan monitoring status permintaan dan harga ikan menjelang puasa dan Lebaran 2016 di beberapa daerah, seperti Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Manado.

Hasil survei dan monitoring tersebut menunjukan status permintaan dan harga ikan cenderung aman dengan kenaikan harga ikan berkisar 10%-20%, tergantung jenis ikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perindo Susi Pudjiastuti perinus harga ikan
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top