TRIK PROPERTI: Langkah Mudah Agar Kamar Mandi Lebih Ramah Lingkungan

Ingin menerapkan konsep kamar mandi ramah lingkungan? Anda dapat memiliki kamar mandi ramah lingkungan dengan cara mudah untuk menghemat penggunaan air dan energi.
Fatkhul Maskur | 17 Mei 2016 12:30 WIB
Cara mudah dan murah lainnya, pasanglah keran aerator. - rumahku.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ingin menerapkan konsep kamar mandi ramah lingkungan? Anda dapat memiliki kamar mandi ramah lingkungan dengan cara mudah untuk menghemat penggunaan air dan energi. 

Jika perlengkapan kamar mandi Anda, sepeti shower, toilet dan wastafel ramah lingkungan, maka Anda akan bisa menghemat pengeluaran Anda untuk biaya air dan listrik setiap bulannya.

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah toilet Anda. Toilet paling banyak memerlukan penggunaan air dibandingkan peralatan lain di rumah Anda. Sekitar 30% penggunaan air di rumah Anda, digunakan untuk menyiram toilet.

Untuk menghadirkan kamar mandi ramah lingkungan, sebaiknya ganti toilet Anda dengan yang mampu menghemat penggunaan air, dalam airtian tidak terlalu banyak memerlukan air saat pembilasannya.

Cara mudah dan murah lainnya, pasanglah keran aerator, sebuah lampiran kecil yang membuat air keluar bergelembung, sehingga semprotan air jadi tidak terlalu deras dan boros tapi tetap efektif utnuk digunakan.

Selain itu, pastikan Anda tidak menggunakan tirai mandi yang menggandung zat kimia berbahaya seperti VOC (volatile organic compounds) yang dapat berpengaruh kondisi kesehatan Anda.

VOC dapat menyebabkan kanker, kerusakan ginjal, kerusakan hati dan kerusakan otak. Jadi usahakanlah untuk menggunakan triai yang ramah lingkungan. Seperti halnya produk tirai alami yang terbuat dari rami.

Selanjutnya, hindarilah penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Tanpa disadari, kadang agar dapat tampil bersih kita menggunakan produk pembersih secara berlebihan, tanpa tahu dampak negatifnya terhadap kesehatan dan lingkungan.

Untuk amannya, sebiknya Anda menggunakan pembersih alami yang dapat Anda ramu sendiri. Atau Anda bisa membeli produk yang telah mendapat sertifikasi ramah lingkungan.  ()

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
desain rumah, KAMAR MANDI

Sumber : Rumahku.com

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top