Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Didorong Kembangkan Peternakan Terintegrasi Pariwisata

Kementerian Pertanian mendorong Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong untuk dapat mengembangkan peternakan yang terintegrasi dengan pariwisata, mengingat kedua wilayah ini dikenal sebagai lokasi pariwisata.
Kabupaten Sorong
Kabupaten Sorong

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertanian mendorong Pemerintah Kabupaten Raja Ampat dan Kabupaten Sorong untuk dapat mengembangkan peternakan yang terintegrasi dengan pariwisata, mengingat kedua wilayah ini dikenal sebagai lokasi pariwisata.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Muladno mengatakan Pemda setempat masih perlu mendesain pola tersebut. DI kedua kabupaten itu, sektor peternakan berbasis penggembalaan sangat baik dikembangkan karena memiliki ranch modern yang terbesar di Indonesia.

“Di Kabupaten Raja Ampat, perlu didesain terlebih dahulu pengembangan yang tepat untuk tetap mendorong industri pariwisata di sini. Di lokasi ini sesuai untuk dikembangkan ternak Sapi Bali dan Ayam Kampung,” terang Muladno seperti dikutip Bisnis dari siaran pers yang dipublikasikan Kementan, Senin (16/5).

Muladno mengatakan dengan potensi padang gembala yang modern dan luas, maka wilayah tersebut memiliki potensi tinggi untuk menjadi sentra ternak di masa yang akan datang.

Meski sektor peternakan berpotensi dikembangkan, Guru Besar Peternakan IPB tersebut meminta pemerintah tetap memperhatikan kearifan sosial masyarakat yang sebagian besarnya bermatapencaharian sebagai nelayan.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong, Suka Hardjono menyampaikan bahwa sapi merupakan komoditas unggulan di Kabupaten Sorong. Sapi Bali merupakan jenis sapi yang sesuai dengan kondisi alam di wilayah ini.

“Kabupaten Sorong telah menerima bantuan ternak sebanyak 1.100 ekor sapi pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY), yakni melalui kegiatan on top tahun 2013-2014” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper