Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

THOMAS LEMBONG: Revitalisasi Pasar Bisa Naikkan Omzet Pedagang Hingga Dua Kali Lipat

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan revitalisasi pasar rakyat mampu meningkatkan omzet dan pendapatan para pedagang yang mencapai dua kali lipat dibanding sebelum adanya revitalisasi.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan revitalisasi pasar rakyat mampu meningkatkan omzet dan pendapatan para pedagang yang mencapai dua kali lipat dibanding sebelum adanya revitalisasi.

Thomas dalam siaran pers yang diterima, Minggu, setelah dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Raya Amahami di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Tercatat, jumlah pedagang yang sebelumnya hanya 718 pedagang, kini melonjak menjadi 1.064 pedagang.

"Setelah pasar ini beroperasi, omzet pedagang mencapai dua kali lipat yaitu dari Rp200-Rp300 juta per hari menjadi Rp500-Rp600 juta per hari. Angka ini meningkat seiring dengan bertambahnya daya tampung pedagang," kata Thomas, seperti dikutip dari Antara.

Kementerian Perdagangan memberikan dana Rp7 miliar untuk membangun Pasar Raya Amahami, dan pasar tersebut merupakan pasar rakyat yang termasuk dalam kategori pasar tipe A dan berdiri di atas lahan 50.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.241 meter persegi.

Pasar ini dapat menampung lebih dari 1.000 pedagang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bima, terutama para pedagang dan petani produsen.

Menurut Thomas, program pembangunan dan revitalisasi merupakan bagian dari program Nawacita Presiden yang akan memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Kota Bima.

"Pasar ini akan memberikan manfaat besar bagi para petani produsen dan pedagang di pasar rakyat yang mayoritas adalah pedagang mikro, kecil, dan menengah," tambah Thomas.

Presiden Jokowi mencanangkan pembangunan 5.000 pasar di seluruh Indonesia yang secara bertahap akan dibangun sebanyak 1.000 pasar per tahun. Pada periode tahun 2015, Pemerintah telah membangun atau merevitalisasi sebanyak 1.002 pasar, sehingga target tahun 2015 telah melampaui target tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper