Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

THOMAS LEMBONG: Revitalisasi Pasar Bisa Naikkan Omzet Pedagang Hingga Dua Kali Lipat

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan revitalisasi pasar rakyat mampu meningkatkan omzet dan pendapatan para pedagang yang mencapai dua kali lipat dibanding sebelum adanya revitalisasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Mei 2016  |  15:51 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan revitalisasi pasar rakyat mampu meningkatkan omzet dan pendapatan para pedagang yang mencapai dua kali lipat dibanding sebelum adanya revitalisasi.

Thomas dalam siaran pers yang diterima, Minggu, setelah dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Raya Amahami di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. Tercatat, jumlah pedagang yang sebelumnya hanya 718 pedagang, kini melonjak menjadi 1.064 pedagang.

"Setelah pasar ini beroperasi, omzet pedagang mencapai dua kali lipat yaitu dari Rp200-Rp300 juta per hari menjadi Rp500-Rp600 juta per hari. Angka ini meningkat seiring dengan bertambahnya daya tampung pedagang," kata Thomas, seperti dikutip dari Antara.

Kementerian Perdagangan memberikan dana Rp7 miliar untuk membangun Pasar Raya Amahami, dan pasar tersebut merupakan pasar rakyat yang termasuk dalam kategori pasar tipe A dan berdiri di atas lahan 50.000 meter persegi dengan luas bangunan 2.241 meter persegi.

Pasar ini dapat menampung lebih dari 1.000 pedagang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bima, terutama para pedagang dan petani produsen.

Menurut Thomas, program pembangunan dan revitalisasi merupakan bagian dari program Nawacita Presiden yang akan memberikan manfaat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Kota Bima.

"Pasar ini akan memberikan manfaat besar bagi para petani produsen dan pedagang di pasar rakyat yang mayoritas adalah pedagang mikro, kecil, dan menengah," tambah Thomas.

Presiden Jokowi mencanangkan pembangunan 5.000 pasar di seluruh Indonesia yang secara bertahap akan dibangun sebanyak 1.000 pasar per tahun. Pada periode tahun 2015, Pemerintah telah membangun atau merevitalisasi sebanyak 1.002 pasar, sehingga target tahun 2015 telah melampaui target tahunan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

revitalisasi pasar thomas lembong

Sumber : Antara

Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top