Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Genjot Perdagangan Dengan Italia

Dalam rangka menggenjot perdagangan dan investasi diantara kedua negara, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Italian Business Association in Indonesia (IBAI) di Jakarta, Rabu (27/4/2016). MoU tersebut ditandangani oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional, Shinta W. Kamdani dan Wakil Ketua IBAI, Alberto Simeone disaksikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Bisnis.com,JAKARTA - Dalam rangka menggenjot perdagangan dan investasi diantara kedua negara, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Italian Business Association in Indonesia (IBAI) di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

 
MoU tersebut ditandangani oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani dan Wakil Ketua IBAI Alberto Simeone disaksikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli.

Adapun ruang lingkup kesepakatan itu antara lain adalah kerjasama dukungan dalam promosi perdagangan, investasi dan teknologi untuk kedua belah pihak, termasuk didalamnya meliputi pertukaran informasi dan kontak bisnis untuk memperluas jaringan bisnis.
 
Sebelumnya kami sudah bekerjasama beberapa kali dengan IBAI, kita berharap MoU ini akan meningkatkan hubungan dan kerjasama diantara kami ke depannya,” kata Rosan.
 
Sementara itu, perdagangan Indonesia dengan Italia menurut data Kementerian Perdagangan dalam dekade terakhir menunjukkan bahwa setelah mengalami penurunan pada tahun 2009, total perdagangan semakin meningkat, namun pada 2015 sempat mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang total perdagangannya mencapai US$4 miliar
 
Berdasarkan data Kemendag 2015, total perdagangan Indonesia - Italia, mencapai US$3,24 miliar. Ekspor Indonesia ke Italia mencapai US$1,87 miliar dan impor Indonesia dari Italia mencapai US$1,36 miliar dan neraca perdagangan dengan Italia mencapai US$504,6 juta dengan surplus untuk Indonesia
 
Menurut Rosan, tren perdagangan dengan Italia diharapkan bisa semakin positif, karena kedua negara memiliki banyak kesamaan dan saling melengkapi. Sehingga diharapkan perdagangannya akan terus meningkat di masa-masa mendatang.
 
Beberapa sektor kerjasama yang sangat potensial untuk dikembangkan antara lain footwear design and manufacturing, tekstil, teknologi ekonomi kreatif, jasa keuangan, perhotelan dan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper