Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Ikan Jadi Kawasan Wisata Bahari

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Pasar Ikan yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara menjadi kawasan wisata bahari.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 31 Maret 2016  |  11:17 WIB
Pasar ikan Muara Angke di Jakarta Utara - wikipedia
Pasar ikan Muara Angke di Jakarta Utara - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Pasar Ikan yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara menjadi kawasan wisata bahari.

"Kawasan Pasar Ikan itu nantinya akan kami jadikan sebagai kawasan wisata bahari. Nantinya, di kawasan Pasar Ikan itu akan dilengkapi dengan plaza," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2016).

Menurut dia, kawasan Pasar Ikan tersebut akan dijadikan sebagai kawasan wisata bahari yang juga saling terhubung dengan beberapa kawasan lain di sekitarnya, diantaranya Luar Batang.

"Kawasan itu pasti akan bagus kalau dijadikan sebagai tempat wisata bahari. Makanya, nanti akan kami buat plasa yang luas. Kalau disitu dibuat tempat wisata, warga juga jadi tahu sejarah Kota Jakarta," ujar Basuki.

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk mengubah kawasan tersebut menjadi tempat wisata, tidak diperlukan cetak biru, yang penting langsung ditertibkan dan ditata rapi saja.

"Menurut saya, tidak usah pakai cetak biru segala. Kan hanya tinggal membangun plaza saja. Kemudian, dipasang sheet pile atau dinding turap, diratakan lalu penuhi dengan tanaman hijau," tutur Basuki.

Sementara itu, dia mengungkapkan untuk pembiayaannya, pihaknya akan meminta dari kewajiban sosial perusahaan swasta atau Corporate Social Responsibility (CSR).

"Jadi, kami tidak pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Tapi, kami akan manfaatkan kewajiban pengembang saja, dari program CSR," ungkap Basuki. (

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata bahari

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top