Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PREDIKSI ADB: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Akan Tumbuh 5,2%

ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik pada tahun ini di kisaran 5,2%. Pertumbuhan ekonomi menurun 4,8% pada tahun lalu disebabkan oleh faktor konsumsi ekonomi rumah tangga yang menurun.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 30 Maret 2016  |  14:16 WIB
ADB. - Ilustrasi
ADB. - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -  ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik pada tahun ini di kisaran 5,2%. Pertumbuhan ekonomi menurun 4,8% pada tahun lalu disebabkan oleh faktor konsumsi ekonomi rumah tangga yang menurun.

Walau begitu, komposisi fiskal membaik karena alokasi anggaran yang produktif di infrastruktur. Namun, dari sisi lapangan kerja justru menimbulkan masalah.

Ekonom Asian Development Bank (ADB) Priasto Aji mengatakan tahun lalu ada potensi 3,1 juta angkatan kerja baru tetapi lapangan pekerjaan yang tercipta hanya 200.000. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan terbukti pada rilis Badan Pusat Stastistik yang melaporkan kemiskinan naik 11,1% September 2015.

“Selain itu, lebih rendahnya pendapatan petani. Tanpa penciptaan lapangan kerja menyebabkan kemiskinan meningkat. Kesenjangan juga meningkat,” katanya, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Tahun ini, ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan naik pada tahun ini di kisaran 5,2%. Angka itu bakal meningkat lagi menjadi 5,5% pada 2017. Pertumbuhan itu seiring dengan reformasi struktural yang dilakukan pemerintah termasuk investasi di bidang infrastruktur yang lebih awal. Menurutnya, tertundanya realisasi di infrastruktur akan menganggu investasi swasta sehingga penting bagi pemerintah untuk melakukan reformasi sesuai dengan target.

“Semester pertama ada kontribusi besar dari investasi pemerintah. Private sector kontribusinya di semester kedua,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi lapangan kerja adb
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top