Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Paskah, Lalu Lintas Harian di Tol Cipali Meningkat

Sepanjang libur Paskah, lalu lintas harian rata-rata (LHR) di sepanjang tol Cikopo-Palimanan (Cipali) meningkat, terutama di Gerbang tol Cikopo.
di Tol Cipali/Antara
di Tol Cipali/Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Sepanjang libur Paskah, lalu lintas harian rata-rata (LHR) di sepanjang tol Cikopo—Palimanan (Cipali) meningkat, terutama di Gerbang tol Cikopo.

Pada Kamis (24/03) dan Jumat (25/03) lalu, jumlah kendaraan yang masuk ke tol tersebut tercatat masing-masing 27.700 hingga 24.900, naik dari rata-rata 15.000 kendaraan per hari.

  Adapun pada arus balik yang terjadi Minggu (27/03), PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator tol Cipali memperkirakan jumlah kendaraan yang melintasi tol ini akan mencapai 35.000 kendaraan.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto, mengatakan sebelumnya pihaknya memperkirakan  lalu lintas harian rata-rata sepanjang tol Cipali yang normalnya 25.000 kendaraan per hari diperkirakan meningkat sampai 40%.

Untuk itu, LMS sudah mengantisipasi dengan sejumlah persiapan di lapangan, antara lain dengan membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama, yaitu 15 gardu di pintu tol Cikopo dan 11 gardu di Palimanan. Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan. Di dua gardu utama tersebut, LMS menambah jumlah petugas tol hingga 40%. 

 “Kami berharap upaya ini juga dapat mengantisipasi puncak jumlah kendaraan arus balik pada hari Minggu, 27 Maret nanti yang diperkirakan akan mencapai sekitar 35.000 kendaraan,” ujarnya seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (27/03)

Tak hanya itu, LMS juga menambah persediaan uang kembalian menjadi sekitar Rp 1 miliar per hari untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi di gardu tol. 

Seringkali lamanya transaksi di gerbang tol disebabkan para pengguna jalan tidak menyiapkan uang pas untuk membayar tol. Karena itu, uang kembalian diperlukan untuk mempercepat transaksi.

Untuk pengaturan arus lalu lintas saat arus balik, LMS berkoordinasi dengan pihak Kepolisian.

Salah satu hal yang diantisipasi adalah imbas kepadatan akibat pertemuan arus kendaraan dari arah tol Cipularang dan tol Cipali di tol Cikampek KM 66 yang ekor antriannya dapat mencapai Gerbang Tol Cikopo.

 Untuk dapat menampung peningkatan jumlah pengguna saatarus balik, LMS menyediakan tambahan 3 truk toilet di rest area, serta tambahan pasokan suplai air dari water tank. Terdapat 8 (delapan) rest area di tol Cipali, di antaranya untuk arah ke Jakarta tersedia di KM 164 (dengan SPBU), KM 130, KM 101 (dengan SPBU) dan KM 86. Apabila toilet atau rest area penuh, pengunjung diarahkan untuk menggunakan rest area berikutnya.

Hudaya menegaskan, perusahaan tidak henti-hentinya mengkampanyekan edukasi dan sosialisasi keselamatan kepada para pengguna jalan yang melintasi Tol Cipali.

 “Kami terus mengimbau kepada pengguna tol untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan ketika ingin melakukan perjalanan, apalagi jarak jauh. Pengendara juga mesti menjaga kondisi badan untuk tetap fit. Jika lelah, pengendara sangat dihimbau untuk beristirahat di tempat istirahat yang telah disediakan, serta menjaga kecepatan agar tidak melebihi kecepatan yang telah ditentukan. Dengan begitu mereka juga selain menjaga keselamatan dirinya, juga menjaga keselamatan keluarga dan orang lain,” ujar Hudaya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper