Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN XI Bakal Produksi Gula 450.000 Ton Tahun Ini

PT Perkebunan Nusantara (PTPN XI) tahun ini berupaya meningkatkan produksi gula menjadi 450.000 ton dengan target rendemen mencapai 8,5% sejalan dengan target pemerintah.
Pabrik gula/Ilustrasi
Pabrik gula/Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN XI) tahun ini berupaya meningkatkan produksi gula menjadi 450.000 ton dengan target rendemen mencapai 8,5% sejalan dengan target pemerintah.

Direktur Utama PTPN XI, Dolly Parlagutan Pulungan mengatakan pada 2015, perseroan berhasil memproduksi gula mencapai 405.000 ton dengan mencetak laba Rp248 miliar.

Padahal pada tahun-tahun sebelumnya, perusahaan gula pelat merah ini sempat merugi hingga hampir Rp200 miliar.

“Hasil ini dicapai karena kami melakukan berbagai perbaikan dari sisi lahan tebu atau on farm maupun di pabrik atau off farm. Diharapkan tahun ini pun demikian, PTPN XI dapat terus bergerak naik melalui berbagai perbaikan dan perubahan yang dilakukan,” katanya saat perayaan HUT PTPN XI ke-20 di Surabaya, Kamis (24/3/2016).

Direktur SDM PTPN XI, M. Cholidi menambahkan, untuk menggenjot kinerja tahun ini, perseroan juga tengah memperbaiki sumber daya manusia dengan mengirimkan sejumlah keryawannya untuk mengikuti pendidikan gula di PG Simbaoli India.

“Pada gelombang pertama kemarin kami sudah kirim 18 orang karyawan setingkat manajer, dan asisten manajer hingga staf muda. Nanti akan ada gelombang kedua mungkin sekitar 15 orang lagi,” imbuhnya.

Menurut Cholidi, India dipilih menjadi tujuan untuk belajar pergulaan lantaran memiliki tipikal daerah yang sama yakni lahan pertanian tebu yang kecil-kecil, serta memiliki pabrik gula yang berusia tua atau pabrik peninggalan sejarah.

“Di sana ada pabrik berkapasitas 2500 TCD yang sekarang sudah mampu menjadi 9500 TCD. Nah peningkatan kapasitas inilah yang diperlajari oleh staf kami di sana,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper