Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Event Besar Awal Tahun 2016 Kerek Jumlah Wisman

Tiga event besar yakni liburan hari raya Imlek, promosi Wonderful Indonesia Festival di wilayah perbatasan (cross border), dan gerhana matahari total berhasil mengkerek jumlah wisman inbound, terutama dari China.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 21 Maret 2016  |  08:46 WIB
Gerhana matahari - Reuters
Gerhana matahari - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Tiga event besar yakni liburan hari raya Imlek, promosi Wonderful Indonesia Festival di wilayah perbatasan (cross border), dan gerhana matahari total berhasil mengkerek jumlah wisman inbound, terutama dari China. 

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata  Mancanegara (Deputi BP3M) Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan sebagian besar wisman dari China memanfaatkan liburan Imlek pada awal Februari lalu dengan mengunjungi Bali sebagai destinasi favorit.

Pada momen Imlek, mayoritas wisman China yang menuju Bali berasal dari Beijing dan Provinsi  Heilongjiang dan datang dengan menggunakan pesawat charter.

“Masyarakat dari kedua wilayah, yang saat itu cuacanya di bawah 15 derajat celcius, ini lebih suka merayakan Imlek di tempat yang hangat seperti Bali,” katanya, baru-baru ini.

Pada liburan Imlek sebagian besar wisman China datang ke Bali dengan pesawat carter.  Tercatat sebanyak 65 pesawat charter berbadan besar AB330 membawa 23 ribu wisman tersebut datang dari 11 kota di China.

Kunjungan wisman melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi  tercatat sebanyak 8.700 wisman, sedangkan  sebanyak 580 wisman China mengunjungi Sulawesi Utara untuk memanfaatkan liburan musim dingin.

Jumlah wisman pada Januari 2016 lalu sebesar 814.303 kunjungan, tumbuh 3,6% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 sebesar 785.973 kunjungan.  Selain China, pasar Singapura dan Eropa berada di daftar teratas negara asal wisman.

Dia juga berharap Gerhana Matahari Total pada 9 Maret lalu dapat mendongkrak jumlah kunjungan wisman ke Indonesia yang pada tahun ini ditargetkan menjadi 12 juta wisman.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisman
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top