Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinas Pertanian Salurkan Hibah Sarpras Rp1,2 Miliar

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati Jawa Tengah menyerahkan bantuan hibah sarana prasarana pertanian kepada 36 kelompok tani dan ternak senilai Rp1,2 miliar.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, SEMARANG - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati Jawa Tengah menyerahkan bantuan hibah sarana prasarana pertanian kepada 36 kelompok tani dan ternak senilai Rp1,2 miliar.

Acara penyerahan dana hibah itu dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto bersama Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pujo Winarno, Kabag Humas Rasiman beserta kelompok tani penerima dana hibah.

Bupati Pati Haryanto mengatakan masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan bervariasi antara Rp25 juta- Rp50 juta untuk menunjang sarana pertanian maupun pengembangan peternakan. Penggunaan dana hibah sendiri, menurut Bupati Pati, dapat dipergunakan sesuai kebutuhan tiap kelompok petani dan peternak.

Dia mewanti wanti setiap kelompok petani memiliki tanggungjawab untuk mengelola dana hibah sesuai ketentuan yang ada. Haryanto berharap petani dan peternak dari berbagai kecamatan itu, untuk tidak menyalahi penggunaan dana hibah sesuai proposal yang telah diajukan.

“Setelah mendapatkan bantuan ini, sudah menjadi tanggungjawab kelompok tani atau ternak untuk menggunakan dana sesuai peruntukannya. Jangan sampai terkena dampak hukum, hanya karena tidak menaati ketentuan bagi penerima dana hibah,” terang Bupati dalam keterangan resmi, Kamis (17/3).

Bupati menerangkan dana bantuan itu semestinya diberikan tahun lalu. Namun karena terbentur peraturan, dana hibah baru bisa diserahkan tahun ini kepada kelompok penerima bantuan.

Dia menjelaskan mekanisme penyerahan hibah tidak hanya sekedar bisa memberi bisa menerima. Proses pencairan dana memang membutuhkan waktu dan diberikan pada kelompok yang benar- benar memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan, agar tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.

Oleh sebab itu, Bupati mengingatkan pada penerima hibah agar bijaksana dalam menggunakan bantuan yang telah diterima. “Kelompok tani- ternak yang menerima bantuan hari ini, sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah, ada 1 kelompok yang seharusnya bisa mendapatkan hibah, namun karena persyaratannya kurang, maka oleh Dispertanak ditahan dulu,” lanjut Haryanto.

Dia menginginkan produksi tanaman pangan dan peternakan di Kabupaten Pati terus mengalami peningkatan. Kabupaten Pati merupakan salah satu penyangga produksi beras di Jawa Tengah dan Nasional, sehingga Pemkab Pati terus melakukan upaya dalam mengakomodir kebutuhan kelompok tani melalui pemberian bantuan Alat sistem Pertanian (alsintan), sarpras, pendampingan kelompok tani dan pemberian hibah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper