Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Otoritas Dorong Pelindo II Siapkan CFS Centre di Priok

Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mendorong PT Pelindo II menyiapkan fasilitas pusat konsolidasi barang secara terpadu atau container freight station centre (CFS) untuk layanan kargo impor berstatus less than container load di pelabuhan Tanjung Priok.
Pembangunan jalan tol akses Tanjung Priok./Ilustrasi-Bisnis
Pembangunan jalan tol akses Tanjung Priok./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mendorong PT Pelindo II menyiapkan fasilitas pusat konsolidasi barang secara terpadu atau container freight station centre (CFS) untuk layanan kargo impor berstatus less than container load di pelabuhan Tanjung Priok.

“OP Priok selaku regulator mendorong adanya CFS centre tersebut apalagi hal ini juga sejalan dengan program Bea dan Cukai Pelabuhan Priok supaya memudahkan pengawasan masuknya barang impor berstatus less than container load (LCL) lewat Priok,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (12/3/2016).

Bay mengatakan, penyediaan fasilitas CFS centre itu selain untuk menekan biaya logistik dan dwelling time di Pelabuhan Priok juga untuk menghindari praktik tarif  liar dalam penanganan barang impor berstatus LCL di lini dua pelabuhan Priok.

“Kami selama ini juga banyak menerima keluhan dari pengguna jasa soal mahalnya biaya kargo LCL di pelabuhan Priok akibat tidak bisa dikontrol, Kalau kegiatannya di pusatkan otomatis bisa diimplementasikan single billing,” tuturnya.

Dia mengatakan, biaya penanganan kargo impor bestatus LCL selama ini bukan hanya sekedar  menyangkut ongkos pergudangan maupun storage saja tetapi juga ada komponen lain yang merupakan domain dari perusahaan forwarder yang menangani pergerakan barang LCL tersebut.

Bay juga merespon positif upaya sejumlah operator pergudangan tempat penimbunan sementara (TPS) di wilayah pabean Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah menyepakati keseragaman tarif  layanan gudang di pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.  

Mulai 1 April 2016, tariff  layanan pergudangan untuk barang impor berstatus LCL di pelabuhan Priok dikenakan Rp.150.000 per ton/kubik metrik ton (minimum 2 Cbm) dengan komponen receiving, delivery dan mekanis.  

Sedangkan, untuk tarif  layanan barang berbahaya atau dangerous cargo (DG) dikenakan Rp.300.000 untuk DG label dan Rp.450.000 untuk DG non-label.

“Jika semua komponen tarif  gudang dan forwarder charges itu bisa di single billing kan tentunya akan memberi kepastian bagi dunia usaha,” paparnya.

Penyiapan fasilitas CFS Centre, kata Bay, juga merupakan bagian dari rencana KPU Bea dan Cukai Tipe A tanjung Priok dalam melakukan penataan lokasi layanan kargo impor LCL yang saat ini tersebar di beberapa lokasi di areal pabean pelabuhan Priok.

Praktisi dan Pemerhati Logistik yang juga Busines Development PT.Agung Raya, Wisnu Waskita mengatakan, dengan kehadiran CFS centre di Pelabuhan Tanjung Priok diyakini mampu memangkas 40% ongkos logistik yang berasal dari kegiatan pelayanan kargo LCL mengingat implementasi single billing layanan tersebut bisa direalisasikan.

Selain itu, kata Wisnu, fasilitas CFS centre akan menjadi icon terbaru dari pelabuhan Tanjung Priok sebagai pintu gerbang perekonomian nasional dalam melayani 65% arus barang ekspor impor.

“Tentunya fasilitas tersebut juga mesti dilengkapi dengan sarana dan prasarana lengkap termasuk sistem IT memadai sebagaimana yang sudah diterapkan oleh pelabuhan berskala internasional,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pelindo II, Dede R.Martin mengatakan konsep pemusatan konsolidasi barang di pelabuhan hendaknya sejalan dengan program pemerintah saat ini yang sedang mendorong hadirnya pusat logistik berikat atau PLB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper