Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyepi, Bandara Ngurah Rai Hentikan 387 Penerbangan

Sebanyak 387 penerbangan tidak akan beroperasi selama Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ditutup pada hari raya Nyepi yang jatuh pada 9 Maret 2016.
Suasana di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali./JIBI-Natalia Indah K.
Suasana di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali./JIBI-Natalia Indah K.

Bisnis.com, MANGUPURA--Sebanyak 387 penerbangan tidak akan beroperasi selama Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai ditutup pada hari raya Nyepi yang jatuh pada 9 Maret 2016 mendatang.

Subakir, PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, mengatakan dari total jumlah tersebut terdiri dari 229 penerbangan domestik dan 158 penerbangan internasional.

“Untuk penerbangan domestik terdiri dari Garuda Indonesia sebanyak 80 penerbangan, Lion Air sebanyak 55 penerbangan, Wings Air 31 penerbangan, AirAsia Indonesia 25 penerbangan, Citilink 23 penerbangan, Nam Air 6 penerbangan, Sriwijaya 6 penerbangan, dan AirAsia Extra ada 3 penerbangan,” paparnya, Senin (7/3).

Sedangkan untuk penerbangan internasional, lanjutnya, diantaranya seperti Garuda Indonesia sebanyak 24 penerbangan, Jetstar Australia sebanyak 18 penerbangan, AirAsia Indonesia 22 penerbangan, dan lain sebagainya.

“Penerbangan domestik diantaranya menuju Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk internasional diantaranya dengan tujuan ke Singapura, Kuala Lumpur, Sydney, Bangkok, Perth, dan lain sebagainya,” terangnya.

Dia menambahkan, berdasarkan rapat dengan para instansi terkait, untuk batas waktu penerbangan terakhir yang datang yaitu pada 9 Maret 2016 pukul 01.30 Wita dan pesawat pertama yang berangkat pada 10 Maret 2016 mendatang adalah pukul 08.00 Wita.

“Rencana penerbangan pertama yang akan berangkat dari Bali setelah bandara dibuka pada 10 Maret 2016 pukul 06.01 Wita adalah Lion Air dengan nomor penerbangan JT 035 dengan tujuan Jakarta, dan untuk penerbangan internasional adalah Jetstar Australia dengan nomor penerbangan JQ 117 tujuan ke Perth,” cetusnya.

Jika nanti saat Nyepi terjadi technical landing, lanjutnya, para awak pesawat dan penumpang akan dikondisikan untuk tetap berada di dalam wilayah bandara.

"Walaupun tidak melayani penerbangan, kami tetap open untuk menjadi alternate airport bagi airline-airline yang membutuhkan pendaratan darurat. Namun kami sudah memberitahukan kepada pihak terkait jika ada pendaratan darurat dialihkan ke bandara lain selain I Gusti Ngurah Rai," jelasnya.

Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai tidak akan melayani penerbangan baik domestik maupun internasional pada hari raya Nyepi pada 9 Maret 2016 mendatang. Penghentian seluruh pelayanan di bandara ini akan berlangsung selama 24 jam yang dimulai pukul 06.00 Wita pada 9 Maret 2016 hingga 10 Maret 2016 pukul 06.00 Wita.

PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai bekerjasama dengan AirNav Indonesia Cabang Denpasar telah menerbitkan Notice to Airmen (Notamn) no. A0087/16 yang berisi tentang informasi pengumuman penutupan bandara.

“Notamn tersebut telah dipublikasikan oleh AirNav sejak 15 Januari 2016 lalu untuk memastikan para pelaku penerbangan dapat mengatur penerbangannya dari dan ke Bali selama Nyepi,” ujarnya.

Tutupnya Bandara I Gusti Ngurah Rai saat hari raya Nyepi, lanjutnya, sudah berlangsung selama 16 tahun sejak 2000 dengan mengacu pada Surat Dirjen Perhubungan Udara no. AU/2696/DAU/1796/99 01 September 1999 lalu.

Senada dengan hal tersebut, melalui Surat Edaran no. 003.2/17735/DPIK tanggal 28 Oktober 2015, Gubernur Bali juga menginstruksikan agar meniadakan proses keberangkatan awal dan tujuan akhir di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper