Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BKPM: 25 Perusahaan Korsel Minati KLIK

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat 25 perusahaan asal Korea Selatan yang menyatakan minatnya untuk menjajaki peluang memanfaatkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK).
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA -  Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat 25 perusahaan asal Korea Selatan yang menyatakan minatnya untuk menjajaki peluang memanfaatkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK).

Melalui perwakilan di Korea Selatan, BKPM memfasilitasi investor asal negeri ginseng tersebut bertemu pengelola salah satu kawasan industri yang termasuk dalam 14 kawasan industri yang ditetapkan oleh pemerintah melaksanakan KLIK.

"Dalam pertemuan dengan para investor tersebut, hadir beberapa CEO perusahaan Korea Selatan yang bergerak di bidang kelistrikan, pelabuhan, konstruksi jalan, 'financing' (pembiayaan) dan perbankan," kata Kepala BKPM Franky Sibarani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (4/4/2016).

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Franky, sektor-sektor yang ditawarkan kepada investor adalah proyek infrastruktur di antaranya pembangkit listrik 2 x 300 MW, "water treatment", jalan tol akses ke kawasan industri serta fasilitas pelabuhan dengan nilai investasi diperkirakan mencapai US$2,5 miliar.

Dia menjelaskan kehadiran pengelola kawasan industri memungkinkan komunikasi secara intensif dengan investor terkait fasilitas yang ada di kawasan industri.  Pejabat Promosi Investasi Perwakilan BKPM di Seoul Imam Soejoedi mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan secara berkala dan memanfaatkan kunjungan Kepala BKPM ke Korea Selatan.

"Jadi prinsipnya adalah dengan mempertemukan pengusaha Indonesia yang memiliki proyek nyata dengan calon investor yang telah diseleksi. Kegiatan ini terbukti sangat ampuh dalam mendongkrak minat investasi menjadi komitmen investasi ditandai dengan pengajuan izin prinsip ke BKPM," jelasnya.

Investor Korea Selatan termasuk yang aktif melakukan penanaman modal di Indonesia.

Dari data BKPM, realisasi investasi yang masuk dari Korea Selatan tahun lalu mencapai US$1,2 miliar, tumbuh sebesar 7,6%  dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sejak 2010-2015 nilai investasi yang masuk dari Korea Selatan mencapai angka US$8 miliar  dan didominasi oleh sektor industri logam mencapai 45%. Adapun  dari sisi komitmen investasi pada tahun 2015, tercatat kenaikan komitmen sebesar 86 persen dari tahun sebelumnya menjadi US$4,8 miliar.

Korsel menduduki peringkat ke lima dari daftar asal negara komitmen investasi setelah Tiongkok, Singapura, Malaysia dan Jepang.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper