Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Daerah Naik, Jokowi: RI Harus Manfatkan Momentum

Presiden RI Joko Widodo mengharapkan agar seluruh pemangku kepentingan bisa saling bersinergi dan memanfaatkan momentum seiring melejitnya investasi di luar Pulau Jawa yang terkerek dua kali lipat.
Jokowi
Jokowi
Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengharapkan agar seluruh pemangku kepentingan bisa saling bersinergi dan memanfaatkan momentum seiring melejitnya investasi di luar Pulau Jawa yang terkerek dua kali lipat.
 
"Ini kesempatan, tetapi peluang ini kalau nggak benar-benar dimanfaatakan maka sulit sekali membangun image dan persepsi bahwa kita adalah daerah yang ramah investasi," katanya di Istana Negara, Senin (22/2/2016).
 
Oleh karena itu, dia berharap agar pemerintah daerah juga bisa mempermudah perizinan untuk berinvestasi. Menurutnya, memang ada sejumlah daerah yang telah melakukan reformasi untuk mempercepat perizinan, tetapi sebagian besar belum berubah untuk melakukan percepatan.
 
Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan sepanjang 2015 terjadi peningkatan junlah proyek dan investasi, dimana realisasi investaso meningkat 17,8% menjadi Rp545,4 triliun dibandingkan 2014.
 
Dia mengungkapkan pertumbuhan investasi di luar jawa tumbuh pesat. Di Sumatra misalnya, proyek meningkat menjadi 2.823 proyek dengan nilai investasi Rp84 triliun, sedangkan proyek di Kalimantan terkerek menjadi 1.628 proyek dengan nilai investasi Rp33 triliun.
 
Sementara itu, proyek di Bali dan Nusa Tenggara naik menjadi 1.394 proyek dengan nilai investasi Rp19 triliun, sedangkan proyek di Papua dan Maluku tumbuh menjadi 406 proyek dengan nilai investasi Rp19 triliun.
 
"Karena itulah, semakin dibutuhkan konsolidasi pemangku kepentingan pusat dan daerah, sinergi pusat dan daerah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper