Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Sakit di Australia Tolak Bebaskan Balita Imigran

Dokter di rumah sakit anak Lady Cilento, Brisbane, Australia menolak untuk memberikan ijin pulang seorang balita perempuan usai dirawat akibat luka bakar serius.
Rumah sakit anak Lady Cilento, Brisbane. /childrens.health.qld.gov.au
Rumah sakit anak Lady Cilento, Brisbane. /childrens.health.qld.gov.au

Kabar24.com, PERTH— Dokter di rumah sakit anak Lady Cilento, Brisbane, Australia menolak untuk memberikan ijin pulang  seorang balita perempuan seusai dirawat akibat luka bakar serius.

Dilansir dari Straitstimes, juru bicara rumah sakit mengatakan kepada Reuters, Sabtu (13/2/2016), anak perempuan 1 tahun tersebut tidak akan dilepaskan dari rumah sakit sampai lingkungan tempat tinggalnya pantas untuk dihuni.

Balita perempuan dan orang tuanya menginginkan untuk dikembalikan ke kamp di pulau kecil Pasifik Selatan Nauru, sekitar 3.000 km timur laut dari Australia, pusat penahanan imigrasi, yang menampung lebih dari 500 imigran yanng telah banyak dikritik karena kondisi yang keras dan laporan pelecehan anak sistemik.

Pada awal bulan ini Pengadilan Tinggi Australia menolak sebuah kasus uji hukum yang menentang hak Australia untuk mendeportasi 267 anak-anak pengungsi dan keluarga mereka yang telah dibawa ke Australia dari Nauru untuk perawatan medis.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan para pencari suaka akan diperlakukan dengan kasih sayang dan keputusan untuk mendeportasi akan dilakukan jika terdapat kasus—kasus yang dilakukan oleh para imigran.

Kementerian Imigrasi, Peter Dutton ini tidak menanggapi permintaan untuk komentar pada sikap RS Lady Cilento yang menolak untuk memulangkan seorang Balita akibat luka bakar yang terjadi ditempat tinggalnya.

Bayi perempuan itu diterbangkan dari Nauru ke Brisbane untuk pengobatan untuk luka bakar serius bulan lalu.

"Semua keputusan yang berkaitan dengan pengobatan dan debit pasien yang dibuat oleh staf klinis yang berkualitas, berdasarkan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi klinis pasien individu dan keadaan," kata rumah sakit dalam sebuah pernyataan.

“Keputusan untuk hanya melepaskan anak untuk lingkungan yang sesuai halnya dengan setiap anak yang menyajikan di rumah sakit," katanya.

Sikap rumah sakit, meskipun tidak politik, menambah tekanan pada pemerintah Australia dan kebijakan pengiriman pencari suaka yang mencoba untuk mencapai negara dengan perahu ke kamp-kamp di Nauru atau di pulau Manus di Papua New Guinea. Mereka tidak menawarkan pemukiman kembali di Australia.

Jumlah pencari suaka berusaha mencapai Australia lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tiba di Eropa, tetapi keamanan perbatasan adalah isu politik yang cukup memanas mengingat Australia akan mengadakan pemilihan umum nasional di akhir tahun. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper