Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran UMKM Jatim Bidik Transaksi Rp3 Miliar

Sebanyak Rp3 miliar nilai transaksi diyakini tercapai dari gelaran Bank & UMKM Expo 2016 di Surabaya, Jawa Timur.nn
Ilustrasi/bantenprov.go.id
Ilustrasi/bantenprov.go.id

 Bisnis.com, SURABAYA — Sebanyak Rp3 miliar nilai transaksi diyakini tercapai dari gelaran Bank & UMKM Expo 2016 di Surabaya, Jawa Timur.

R. Soeroso selaku Ketua Panitia Bank & UMKM Expo 2016 menyatakan nilai transasksi tersebut bisa tercapai sejalan dengan jumlah kunjungan yang mencapai 25.000 orang.

“Pameran ini untuk meningkatkan potensi daya saing berbasis ekonomi kreatif oleh usaha mikro, kecil, dan menengah di Jawa Timur,” katanya di sela pameran, di Surabaya, Kamis (11/2/2016).

Bank & UMKM Expo 2016 mengambil tema Menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2016. Hal ini dipakai untuk menggambarkan kesiapan para UMKM di Jawa Timur dalam menghadapi pasar bebas barang dan jasa di Asia Tenggaran.

Bank & UMKM Expo digelar pada 11 – 14 Februari 2016 oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Wilayah Jawa Timur. Turut mendukung pula Pemprov Jatim, Bank Indonesia Jatim, dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Soeroso mengatakan pameran tahun ini menghadirkan 110 stand  sebagai wadah bagi pelaku perbankan dan UMKM mempertontonkan kiprahnya. “Ini untuk memperkuat daya saing UMKM dalam era MEA,” ucap pria yang juga menjabat direktur utama Bank Jatim ini.

Menurutnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) jangan hanya dipandang sebagai ancaman bagi daya saing pebisnis dalam negeri termasuk UMKM. Era ini justru bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena membuka kesempatan ekspor ke Asia Tenggara.

Untuk bisa memanfaatkan MEA, pelaku UMKM terlebih dulu harus menyanggupi beberapa hal. Pertama kesinambungan atau jaminan suplai barang, dan kedua memenuhi standar kualitas global. Guna memenuhi dua aspek ini dibutuhkan permodalan yang kuat, di sinilah bank memainkan peran.

“Kami siap membiayai UMKM, sehingga pebisnis home industry bisa memenuhi kebutuhan ekspor,” ucap Soeroso.

Dalam mendukung pembiayaan bisnis, Bank Jatim sendiri menyediakan sejumlah fasilitas, seperti pembukaan rekening. Selain ini juga ada konsultasi produk kredit, layanan syariah, konsultasi priority banking, pelayanan debitur dan UMKM, serta cuci emas.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper