Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kaltim: Pelindo IV Ingin Lanjutkan Pembangunan KIPI Maloy

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyebut PT Pelindo IV berkeinginan melanjutkan pembangunan pelabuhan di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).
Pelabuhan Maloy
Pelabuhan Maloy

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyebut PT Pelindo IV berkeinginan melanjutkan pembangunan pelabuhan di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan perusahaan pelat merah tersebut tidak hanya membangun pelabuhan tetapi fasilitas pendukung lainnya.

"Pelindo segera lanjutkan pembangunannya pelabuhan dan fasilitas pendukung. Progress sudah sesuai dan Maloy sangat prospektif," ujarnya seperti yang dikutip dari situs Pemprov, Rabu (3/1/2016).

Menurut Awang, pelabuhan Maloy (Batuta Maloy Trans Kalimantan) sangat prospek karena berada di ALKI II yang merupakan jalur distribusi logistik pilihan bagi pelayaran ke Asia Pasifik, yakni Hong Kong, Filipina, Jepang, China, dan banyak negara lainnya.

Pihaknya meminta pembangunan kawasan KIPI Maloy atau MBTK harus segera dilakukan dan dapat dimulai dari pembangunan kawasan pelabuhan.

"Pembangunan pelabuhan yang dilakukan Pelindo akan memacu serta mendorong pembangunan fasilitas lain oleh kementerian terkait. Paling tidak Maloy sudah beroperasi tahap awal 2018," kata Awang.

Direktur Keuangan PT Pelindo IV Budi Revianto mengungkapkan pihaknya telah melakukan kegiatan di KIPI Maloy sejak 2015 dan tahun ini akan dilanjutkan hingga tahun 2018 dan siap beroperasi.

"MoU untuk Maloy ini akan dilanjutkan. Selain pelabuhan [dermaga] juga konstruksi logistik. Pembangunan sudah dilakukan untuk dermaga kapal sandar sesuai Amdal Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Dia menyebutkan sejauh ini telah mengelola 24 pelabuhan dan sampai tahun 2018 telah menyiapkan anggaran tidak kurang Rp7 triliun hingga Rp8 triliun. "Kegiatan di Maloy telah menjadi prioritas PT Pelindo IV," ucapnya.

Budi meyakini kawasan KIPI Maloy sangat prospektif selaras dengan posisi di ALKI II dan pertumbuhan ekonomi serta kebijakan Presiden Joko Widodo dalam pembangunan kemaritiman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper