Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Komentar Kepala BPOM Terkait 'Dibohongi Mie Instan'

Dua hari yang lalu, Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI) menayangkan sebuah postingan berjudul 'Dibohongi Mie Instan' dalam laman media sosial Facebook.
Mie Instan. /kisah.tokomesin.com
Mie Instan. /kisah.tokomesin.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari yang lalu, Yayasan Layanan Konsumen Indonesia (YLKI) menayangkan sebuah postingan berjudul Dibohongi Mie Instan dalam laman media sosial Facebook.

Hal tersebut membuat Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Alexander Sparringa menegaskan semua bahan makanan yang telah lulus uji BPOM adalah makanan yang aman untuk dikonsumsi, tidak terkecuali mie instan.

Secara satu per satu dia membantah semua poin yang dituding oleh YLKI.

Pertama, mengenai mie instan yang tidak memiliki nutrisi apapun. Menurut dia, setiap makanan pasti terkandung salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sebut saja vitamin, mineral, lemak, protein.

Kedua, mie instan mengandung bahan pengawet beracun bernama TBHQ. Bahan tersebut merupakan kepanjangan dari tertiary-butyl hydroquinone, yang mana membayakan tubuh manusia. Roy mengatakan setiap produk makanan yang beredar pastinya memiliki kadar konsentrasi yang dipersyaratkan oleh pemerintah.

Ketiga, makanan tersebut mengandung monosodium glutamate (MSG) yang bisa memacu kerja sel saraf secara berlebih dan mengakibatkan kerusakan saraf.  "Semua konsentrasi zat makanan sudah ditentukan oleh pemerintah. Asal tahu saja vetsin itu sebenarnya aman, tapi hanya orang tertentu saja yang tidak bisa mengonsumsinya karena masalah kesehatan," kata dia kepada Bisnis.com, Selasa (2/2/2016).

Terakhir, perempuan yang mengonsumsi mie instan lebih dari dua kali dalam seminggu, 68% lebih rentan mengalami penyakit yang berkaitan dengan metabolisme tubuh. Roy bilang bahwa hal itu menyesatkan, tidak ada kaitannya sama sekali.

"Intinya semua produk pangan punya izin edar BPOM, jadi sudah dievaluasi dari keamanan, mutu, dan gizi. Semuanya sudah memenuhi," pungkasnya. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Marsya Nabila
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper